Kamis, 12 Desember 2013

Proses-proses penting yang terjadi di Ginjal

Sesuai dengan fungsinya, maka didalam ginjal terjadi proses-proses sebagai berikut:


1.Ekskresi
Ekskresi adalah proses penyaringan dan pembuangan zat-zat sisa- sisametabolisme yang tidak berguna bagi tubuh dan bersifatracun. Oleh karena itu, ginjaldisebut sebagai alat ekskresi. Eksresi zat-zat sisa-sisa metabolisme oleh ginjalmelalui proses pembentukan air kemih yang  mepiuti: filtrasi, penyerapan kembali (reabsorsi), dan sekresi.


2. Filtrasi
Sangat   penting   untuk   dipahami   bahwa   fungsi   ginjal   adalah menyaring cairan darah sehinggazat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat dibuang seperti misalnyasisa metabolisme. Darah disaring melalui dinding epitelium tipis yang berpori dari glomerulus dan kapsula Bowman karena adanya tekanan dari darah yang mendorong plasma darah. Filtrasi barlangsung di dalam glomerulus, dimana urin primer atau ultra filtrateplasma darah dibentuk. Pada dasarnya, ginjal berfungsimenyaring atau membersihkan darah. Aliran  darah  ke  ginjal  sekitar  1,2  liter/menit atau  1.700  liter/hari. Darah tersebut disaringmenjadi cairan filtrat sebanyak 120 ml/menit atau 170 liter/hari ke tubulus.Cairan filtrat kemudian diproses di dalam tubulus hingga akhirnya keluar dari kedua ginjal menjadi urine sebanyak 1-2 liter/hari. Di antara darah dalam glomerulus dan ruangan berisicairan dalam kapsulaBowman terdapat tiga lapisan:
1.  kapiler selapis sel endotelium pada glomerulus
2.  lapisan kaya protein sebagaimembran
3.  selapis sel epitel melapisidinding kapsula Bowman(podosit)
Dengan bantuan tekanan, cairandalan darah didorongkeluar dari glomerulus, melewatiketiga lapisan tersebutdan masuk ke dalam ruangan dalam kapsula Bowman dalam bentuk filtratglomerular. Filtrat  plasma darah tidak mengandung sel darah ataupunmolekul protein  yang  besar.  Protein  dalam  bentuk  molekul  kecil  dapat ditemukan dalam filtrat ini. Darah manusia melewati ginjalsebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc filtrat glomerular per menitnya. Laju penyaringan glomerular ini digunakan untuk tes diagnosafungsi ginjal.
Filtrat yang dihasilkan akan masuk ke dalan tubulus ginjal. Darah yang telah tersaring akan meninggalkan ginjal lewat arteri eferen. Kedua ginjal menghasilkan sekitar 125 ml filtratper menit. 125 ml diabsorsi dan yang 1 ml dikeluarkan kedalam kaliks sebagai urin. Setiap 24 jam dibentuksekitar 1500 ml urin.
Aliran  darah  dalam  kedua  ginjal  pada  orang  dewasa  jumlahnya sekitar 1,2 1,3 liter per menit, yang berarti bahwa darah yang beredar dalam tubuh melaluiginjal setiap 4 5 menit.
1.  Nefron, terutamatubulus kontortus proksimal, mereapsorbsi zat- zat dalam filter, yang berguna bagi metabolisme tubuh sehingga mempertahankan      homeostatis    lingkungan    internal.     Juga memindahkan hasil-hasil sisa dari darah ke lumen tubulus, dikeluarkan dalam urin. Tubulus koligensmengabsorsi air, sehingga membantu pemekatan urin. Dengan cara ini, organisme menguasai keseimbangan air, cairan interseldan osmotik.
2. Tekananhidrostatik glomerulus lebih tinggi daripada tekanan hidrostatik pada kapiler-kapiler lain. Tekanan ini sekitar 75 mmHg. Filtrasi glomerulus dibentuk akibat tekanan hidrostatik darah dimana gaya-gaya yang melawan tekanan hidrostatik yaitu: tekanan osmotik koloid plasma (30 mm Hg).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More