Kamis, 12 Desember 2013

Pengertian Olahraga dan Aspek Pentingnya Olahraga

Olahraga adalahsuatu bentuk aktivitasfisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang   dan   ditujukan   untuk   meningkatkan   kebugaran jasmani.
Kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga  untuk  meningkatkan  derajat  kesehatan.  Olahragamerupakan sebagian kebutuhanpokok dalam kehidupansehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Olahraga dapat dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari.


Dengan  majunya  dunia  teknologi  memudahkan  semua  kegiatan sehingga   menyebabkan seseorang  menjadi kurang bergerak (hypokinetic), sepertipenggunaan remotekontrol, komputer, lift dan tangga  berjalan,  tanpa  dimbangi  dengan  aktifitas  fisik  yang  akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Gaya hidup duduk terus- menerus  dalam  bekerja  (sedentary)  dan  kurang  gerak  ditambah dengan adanya faktor risiko, berupa merokok, pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit tidak menular,seperti: penyakit jantung, pembuluhdarah, tekanan darah tinggi, kencingmanis, berat badanlebih, osteoporosis, kankerusus, depresi dan kecemasan. Olahraga telah menjadi bagian hidup dari sebagianbesar masyarakat Indonesia, baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Orang yang  mempunyai  gaya  hidup  tidak  merokok,  berolahraga secara teratur, dan melakukan kerja fisik, ternyataberpeluang lima kali lebih tinggi  terhindar  dari  penyakit  jantung  dan  stroke  daripada  yang bergaya hidup sebaliknya. Faktor kegemukan, kurang gerak, riwayat keluarga  terkena  penyakit  kardiovaskular,  serta  penyakit  diabetes mempunyai risiko terkena penyakit jantungkoroner empat kali lebih tinggi dibanding yang tidak menderita diabetes. Pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) bertujuan agar masyarakat terhindardari penyakit-penyakit tersebut menjadibergerak agar sehat dan bugar. Oleh karena itu kegiatan aktifitas fisik/latihan fisik dan atau olahragaperlu menjadi gerakan masyarakat. Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More