Minggu, 10 November 2013

Penggolongan Macam-macam/ Jenis-jenis Sampah



Kalau  kita  berbicara  sampah,  sebenarnya  meliputi  3  jenis sampah yakni sampah padat, sampah cair, dan sampah dalam bentuk  gas  (fume,  smoke).  Tetapi  seperti  telah  dibuatkan batasan diatas bahwa dalam konteks ini hanya akan dibahas sampah padat. Sampah cair yang berupa antara lain air limbah akan dibahas dibagian lain. Sedangkan sampah dalam bentuk gas yang menimbulkan polusi udara seperti asap kendaraan, asap pabrik dan sebagainya tidak dibahas. Sampah padat (selanjutnya akan disebut sampah saja) dapat dibagi menjadi berbagai jenis.
Berdasarkan zat kimia yang terkandung didalamnya, sampah dibagi menjadi:
1.    Sampah  anorganik  adalah  sampah  yang  umumnya  tidak dapat membusuk, misalnya logam atau besi, pecahan gelas, plastik, dan sebagainya.
2.    Sampah organik adalah sampah yang pada umumnya dapat membusuk, misalnya   sisa-sisa   makanan,   daun-daunan, buah-buahan dan sebagainya.
Berdasarkan dapat tidaknya dibakar:
1.    Sampah yang mudah terbakar, misalnya kertas, karet, kayu, plastik, kain bekas, dan sebagainya.
2.    Sampah yang tidak dapat terbakar, misalnya kaleng-kaleng bekas, besi atau logam bekas, pecahan gelas, kaca, dan sebagainya.
Berdasarkan karakteristik sampah:
1.  Garbage   yaitu   jenis   sampah   hasil   pengolahan   atau pembuatan makanan, yang umumnya mudah membusuk dan berasal dari rumah tangga, restoran, hotel, dan sebagainya.
2.  Rabish yaitu sampah yang berasal dari perkantoran, perdagangan, baik yang mudah terbakar seperti kertas, karton, plastik dan sebagainya maupun yang tidak mudah terbakar, seperti kaleng bekas, klip, pecahan kaca, gelas, dan sebagainya.
3.  Ashes (abu) yaitu sisa pembakaran dari bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk abu rokok.
4.  Sampah  jalanan  (street  sweeping)  yaitu  sampah  yang berasal dari pembersihan jalan yang terdiri dari campuran bermacam-macam sampah, daun-daunan, kertas, plastik, pecahan kaca, besi, debu dan sebagainya.
5.  Sampah industri yaitu sampah yang berasal dari industri atau pabrik-pabrik.
6.  Bangkai binatang (dead animal) yaitu bangkai binatang yang mati karena alam, ditabrak kendaraan atau dibuang orang.
7.  Bangkai  kendaraan  (abandoned  vehicle)  adalah  bangkai mobil, sepeda, sepeda motor, dan sebagainya.
8.  Sampah pembangunan (construction waste) yaitu sampah dari proses pembangunan gedung, rumah, dan sebagainya, yang berupa puing-puing, potongan-potongan kayu, besi, beton, bambu, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More