Senin, 02 Desember 2013

Pendekatan tentang Masalah-masalah/Problem Pembangunan

Musuh utama yang dihadapi oleh pembangunan adalah keterbelakangan, ketidakberdayaan, ketergantungan, kebodohan, rendahnya kesehatan yang semuanya bermuara pada kemiskinan. Semua negara pernah atau bahkan sedang berjuang menghadapi sekian banyak problem tersebut, disamping masih banyak lagi problem turunan lagi yang bergelayut pada tiap kawasan negara tertentu.
What does poverty happen”, adalah pertanyaan dasar ketika membicarakan kemiskinan yang menjadi pekerjaan rumah dari pembangunan. Minimal ada dua penjelasan/pendekatan yang dapat digunakan untuk melihat asal mula munculnya kemiskinan di beberapa negara, terutama di negara Dunia Ketiga.
Pendekatan pertama menjelaskan bahwa kemiskinan terjadi karena ditentukan oleh faktor yang ada didalam sebuah negara itu sendiri. Cara berpikir semperti ini lebihbanyak dikenal dengan pendekatan internaldalam menjelaskan problem kemiskinan dalam pembangunan. Kesalahan utama atas terjadinyakemiskinan adalah karenayang menyandang kemiskinan itu sendiri dan menafikan keberpengaruhan pihak luar yang menyebabkan kemiskinan terjadi. Pendekatan ini melahirkan teori modernisasi.
Pendekatan kedua menjelaskan bahwa kemiskinan terjadi karena faktor eksternal yang memasuki atau mempengaruhi sebuah negara. Ada upaya-upaya dari luar negara atau masyarakattertentu yang secara sengaja menyebabkan terjadinya kemiskinan,  sehingga  pendekatan  ini  lebih  dikenal  dengan  pendekatan  eksternal. Latar belakang inilah yang kemudian memunculkan teori pembangunan struktural

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More