Minggu, 01 Desember 2013

ISU-ISU / KONTROVERSI DALAM PSIKOLOGI




1.  Nature (hereditas) vs nurture (lingkungan) : seberapa jauh tingkah laku kita dipengaruhi faktor keturunan dan seberapa banyak karena faktor lingkungan dan bagaimana interaksi antar kedua faktor tersebut ?
2.  Conscious vs    unconscious determinants of  behavior :  seberapa banyak perilaku dipengaruhi oleh dorongan yang disadari dan seberapa jauh yang tidak disadari?
3.  Observable behavior vs internal mental processes : haruskah psikologi hanya berfokuspada perilaku  yang dapat  diamati oleh  pengamat dari  luar,  atau berfokus pada proses berpikir yang tidak dapat dilihat ?
4.  Freedom vs determinism : seberapa jauh perilaku merupakan hasil keputusan yan dibua secara   beba ole individu   da seberapa   jauh   perilaku dikendalikan faktor-faktor di luar keinginan individu ?
5. Individual differences vs universal principles : seberapa jauh perilaku merupakan konsekuensi dari kualitas khusus dan unik yang dimiliki masing- masing individu ?.  Seberapa    jauh,  karena kita  semua makhluk manusia, perilaku terkait dengan susunan biologis dan sejauh mana kita memiliki pengalaman yang mirip ?

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More