Selasa, 03 Desember 2013

Faktor-faktor yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak




Tingkat tercapainya potensi biologik seseorang merupakan hasil interaksi beberapa faktor yang saling berkaitan yaitu :
a.   Faktor Genetik

Merupakan modal dasar dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang anak. Termasuk faktor bawaan yang normal dan patologis, jenis kelamin, suku bangsa.
b.   Faktor Lingkungan

Lingkungan  merupakan  faktor  yang  sangat  menentukan  tercapai  atau tidaknya potensi bawaan, sedangkan lingkungan yang kurang baik akan menghambatnya. Lingkungan ini merupakan lingkunagn bio-fisik-psiko- sosial dan perilaku antara lain perilaku atau pola pengasuhan anak, misal stimulasi dari ibu ke anak. Faktor lingkungan secara garis besar dibagi menjadi  faktor  yang  mempengaruhi  anak  pada  waktu  masih  didalam kandungan dan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak setelah lahir (Satoto,1990)
c.   Faktor perilaku atau Rekayasa

Dewasa ini, adanya kemajuan teknologi rekayasa genetik yang dapat digunakan   untuk   memperbaiki   genetik   pada   makhluk   hidup.   Secara sederhana biasanya digambarkan sebagai upaya membangun kehidupan dengan mengontrol langsung pusat kehidupan (dalam arti biologis) yakni gen dengan cara pembelahan dan pencakokan sel dewasa di labolatorium dan bila telah berhasil kemudian dibiakkan dalam rahim organisme. Anak yang dilahirkan diusahakan agar tidak mewarisi kelemahan genetik orang tuanya. Bahkan memiliki keunggulan yang tidak dipunyai orang tuanya serta dapat menghasilkan manusia super (Adhinarta,1998)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More