Selasa, 03 Desember 2013

Agen-agen Infeksi Bakteri, Ricketsia dan Virus


Sumber infeksi adalah semua benda termasuk orang atau binatang yang dapat melewatkan atau menyebabkan penyakit pada orang lain. Agen infeksi adalah makhluk hidup atau mikroorganisme yang  merupakanpenyebab penyakit menular. Penyakit menular pada umumnya disebabkan olehpenyebab penyakit yang dapat dikelompokkan menjadi: virus, ricketsia, bakteri, jamur, protozoa, cacing.  Berbagaiagen infeksi adalah:

Virus
Virus adalah organisme yang amat halus. Karena amat halusnya itutidak dapat kita lihat dengan mikroskop biasa. Untuk itu diperlukan suatu mikroskop elektron, yakni mikroskop yang dapat membesarkan sampai 1000000 kali. Jenis-jenis virusyang dapat menimbulkan penyakit banyak juga, antaranyayang dapat menimbulkan penyakit-penyakit cacar, gondongan, influensa, selesma, penyakit lumpuh anak-anak, penyakit anjing gila, trachooma, dan lain-lain. Flu Burung, dapat menular dari ayam ke manusia yang cocok dan lemah. 

Ricketsia 
Rickettsia ialah benda-benda hidup yang juga amat halus, tetapi tidak sehalus virus. Besarnyaboleh dibilang antara besarvirus dan besar bakteri. Untuk dapat melihat rickettsia juga diperlukan mikrsokop elektron. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh rickettsia ialah: shoptifus, scrubtifus exanthematicus dan lain-lain.

Bakteri
Bakteri ialah organisme yang amat halus, tidak dapat dilihat denganmata. Untuk dapat melihatnya diperlukan mikroskop. Dengan  alat  ini  organisme-organisme itu  dapat  diperbesarkan sampai beratus- ratus kali. Tubuh bakteri terdiridari bermacam- macam zat telur yang belum jelas susunanya, tidak berzat hijau daun, intinya tidak jelas. Cara berkembang biaknya ialah dengan membelah diri. Ada bakteriyang menimbulkan penyakit-penyakit, adapula yang tidak, bahkan ada pula yang menguntungkan manusia. Menurut bentuknya bakteri dibagi dalam beberapa golongan yakni:

1.  Coccus: bentuknya seperti peluru. Inipun bermacam-macam pula: staphylococ,    pneumococ,    streptococ,    gonococ, meningococ.
2.  Basil: bentuknya seperti batang. Macam-macam basil:basil TBC, basil lepra, basil disenteri, basil tetanus, basil pes, dan lain-lain.
3.  Spiral: bentuknya sepertispiral. 
 4.  Vibrio  dapat  dimasukkan  dalam  golongan  ini  (bentuknya seperti koma).

Yangmenimbulkan penyakit framboesia dan syphilis ialah sebangsa spiral yang disebut spirochaet. Sebagian besar dari bakteri-bakteri tersebut hidup di alam bebas dan hidupnya dari benda-benda mati. Tanpa bakteri-bakteriini maka dunia akan penuh dengan bangkai-bangkai tumbuh-tumbuhan atauhewan- hewan; jadi bakteri-bakteri itu malah menguntungkan manusia. Bakteri-bakteri yang hidupnya dari benda-benda mati disebut saprophyta. Di antara bakteri-bakteriada golongan kecil yang hidupnya  selalu  merugikan  makhluk-makhluk  yang ditumpanginya.  Bakteri-bakteri  itu  disebut  parasit-parasit. Makhluk-makhluk yang ditumpangi, disebut tuan rumah, dalam bahasa asing hospes. Bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan penyakit disebut bakteri-bakteri patogen, 

.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More