Jumat, 06 Desember 2013

Elemen-elemen Dasar Dalam Berpikir



1.  mental images

adalah representasi dalam pikiran yang menyerupai objek atau peristiwa yang direpresentasikan. Mental images tidak hanya berupa representasi visual; kemampuan kita untuk mendengarkan nada juga mendasari mental images. Dalam kenyataan, adalah mungkin bahwa setiap modalitas sensoris menghasilkan  mental  images  yang  saling  berhubungan.  Produksi  mental image  telah  digunakan  sebagian  orang  sebagai  cara  untuk  meningkatkan performa berbagai ketrampilan. Sebagai contoh, beberapa atlit menggunakan mental imagery ketika berlatih.
2.  konsep

adalah kategorisasi objek, peristiwa, atau orang yang memiliki karakteristik umum. Dengan menggunakan konsep kita mampu mengorganisir fenomena kom pleks menjadi kategori kognitif yang lebih sederhana sehingga mudah digunakan. Konsep memungkinkan kita mengklasifikasi objek baru berdasar pengalaman masa lalu. Selanjutnya, konsep juga mempengaruhi perilaku. Sebagai  contoh,  kita  akan  setuju  memelihara  hewan  setelah  menentukan bahwa  hewan  tersebut  adalah  anjing.  Kita  akan  menunjukkan sikap  yang berbeda jika hewan tersebut adalah serigala.
3.  penalaran

adalah proses dimana informasi digunakan untuk menarik kesimpulan dan mengambil keputusan. Ada dua bentuk utama penalaran, yaitu deduktif dan induktif. Penalaran deduktif adalah suatu bentuk penalaran dimana orang menarik kesimpulan dan implikasi dari sejumlah asumsi dan menerapkannya pada kasus-kasus spesifik. Penalaran induktif adalah proses penalaran dimana aturan umum ditarik dari kasus-kasus spesifik, dengan menggunakan pengetahuan, pengamatan, pengalaman dan keyakinan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More