Sabtu, 30 November 2013

Perencanaan tata ruang produksi barang/jasa



Untuk produksi barang, terdapat tiga ruang berbeda yang direncanakan:
1) Fasilitas produktif: bengkel kerja dan peralatan untuk mengubah bahan mentah. Alternatif tata ruang bagi fasilitas produktif ada tiga macam yaitu:
  • Tata ruang proses (process layout) adalah pengaturan kegiatan produksi dengan mengelompokkan peralatan dan orang-orangnya berdasarkan fungsinya. Tipe ini cocok untuk perusahaan yang menghasilkan produk yang tidak memiliki banyak perbedaan.
  • Tata ruang  selular  (cellular  layout)  adalah  pengaturan  kegiatan produksi  yang  dirancang  untuk  memindahkan  satu  kelompok produk melalui alur yang sejenis.
  • Tatruang produk  (product  layout)  adalah pengaturan kegiatan produksi yang dirancang untuk memindahkan sumber daya melalui serangkaian tahap yang tetap. Dalam tata ruang ini sering digunakan lini perakitan (assembly line) yaitu tata ruang produk yang memindahkan produknya tahap demi tahap melalui suatu pabrik dalam ban berjalan atau peralatan lain sampai barang tersebut jadi. Tipe ini cocok untuk produk yang dihasilkan dalam kuantitas cukup  banyak  dengan proses terus-menerus  misalnya pabrik mobil dan makanan kaleng.
2)    Fasilitas non-produktif berupa daerah penyimpanan dan pemeliharaan
3)    Fasilitas pendukung berupa kantor, kamar kecil, areal parkir, kafetaria dan lain-lain.

Untuk produksi jasa, pengaturan tata ruangnya diatur sebagai berikut:

· Jasa kontak rendah: fasilitas diatur untuk mempermudah pemberian jasa
· Jasa kontak tinggi: fasilitas diatur sesuai kebutuhan konsumen


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More