Ilmu kesehatan sebagai ilmu pengetahuan terapan (applied science) yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha manusia untuk selalu dalam keadaan
sehat. Ilmu kesehatan pada dasarnya
berbeda dengan ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran lebih berorientasi pada penyembuhan penyakit,
sementara ilmu ilmu
kesehatan lebih luas mencakup juga pengobatan, pencegahan, dan pemulihan.
Banyak
aspek yang harus dilakukan oleh seseorang agar dapat hidup. Setidak-tidaknya memahami bagaimana dia mengelola
kehidupannya, rohani dan jasmani agar sehat dan pada gilirannya,
hidupnya berkualitas. Perilaku
orang yang sehat agar tetap sehat
dan meningkat disebut perilaku sehat, yang mencakup perilaku- perilaku dalam mencegah atau menghindar
dari penyakit dan penyebab penyakit/masalah,
atau penyebab masalah kesehatan,
perilaku dalam
mengupayakan
meningkatnya kesehatan.
Contoh: makan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, tidak merokok dan minuman minuman keras, menghindari gigitan nyamuk, menggosok
gigi setelah makan, cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sebagainya.
Hakekat belajar ilmu kesehatan, menurut UNESCO, mencakup 4 (empat) tingkatan atau tujuan yaitu: pilar utama yang
harus dilakukan dalam semua proses pendidikan adalah:
1.
Belajar untuk mengetahui (learning to know),
2.
Belajar untuk berbuat
(learning to do),
3.
Belajar untuk menjadi
(learning to be); dan
4.
Belajar untuk hidup bersama (learning to live together).
0 komentar:
Posting Komentar