Jumat, 25 Oktober 2013

Pengertian,arti, makna Belajar dan Perubahan Tingkah laku dalam Belajar menurut para ahli


Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada   proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik.   Adapun proses belajar yang dilakukan seseorang, tergantung dari pandangannya tentang aktivitas belajar. Ada orang yang berpandangan bahwa belajar adalah suatu kegiatan menghafal fakta-fakta, sehingga seseorang sudah merasa puas bila mampu menghafal sejumlah fakta di luar kepala. Ada pula yang berpandangan bahwa belajar adalah suatu aktivitas latihan, sehingga untuk memperoleh kemajuan, seseorang melatih diri dengan berbagai aspe tingkah laku meskipun tidak memiliki pengetahuan mengenai arti, hakekat, dan tujuan ketrampilan tersebut.
Menurut  Slameto belajar  merupakan  suatu  proses  perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Santrock dan Yussen mendefinisikan belajar sebagai perubahan yang relatif bersifat permanen karena adanya pengalaman.
Reber  mendefinisikan  belajar  dalam  2  pengertian.  Pertama, belajar sebagai proses memperoleh pengetahuan dan kedua, belajar sebagai perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang
diperkuat. Dari berbagai definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan  suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahatingkalaku  dan kemampuabereaksyanrelatif permaneatau menetap karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
Adapun ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam belajar menurut Slameto
adalah :

1)      Perubahan terjadi secara sadar
Ini berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan  itu  atau  sekurang-kurangnya  ia  merasakatelaterjadi  adanya suatu perubahan dalam dirinya misalnya menyadari pengetahuannya bertambah.  Oleh  karena  itu,  perubahan  tingkah  laku  yang  terjadi  karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar tidak termasuk dalam pengertian belajar.
2)      Perubahan bersifat kontinu dan fungsional
Sebagai  hasil  belajar,  perubahan  yang  terjadi daladirseseorang berlangsung secara berkesinambungan dan tidak statis. Satu perubahan yang terjadi  akan  menyebabkan  perubahan  berikutnya  dan  selanjutnya     akan berguna bagi kehidupan atau bagi proses belajar berikutnya. Misalnya jika seorang anak belajar menulis, maka ia akan mengalami perubahan dari tidak dapat menulis menjadi dapat menulis. Perubahan ini akan berlangsung terus sampai kecakapan menulisnya menjadi indah dan sempurna, dapat menulis dengan berbagai alat tulis, dan dapat menulis untuk berbagai tujuan.
3)      Perubahan bersifat positif dan aktif
Dalam perilaku belajar, perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak usaha belajar itu dilakukan maka makin baik dan  makin  banyak  perubahan  yang  diperoleh.  Perubahan  dalam  belajar bersifat aktifini berarti bahwa perubahan tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha individu sendiri. Oleh karena itu, perubahan tingkah laku  karena  proses  kematangan  yang  terjadi  dengan  sendirinya  karena dorongan dari dalam tidak termasuk perubahan dalam pengertian belajar.






4.   Perubahan bukan bersifat sementara

Perubahan yang terjadi karena belajar bersifat menetap atau permanen. Misalnya kecakapan seorang anak dalam memainkan piansetelah belajar tidak  akan  hilang  begitu  saja  melainkaakaterus  dimiliki  bahkaakan makin berkembang kalau terus dipergunakan atau dilatih.
5.   Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah

Ini berarti bahwa perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai. Perubahan belajar terarah kepada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari. Misalnya seseorang yang belajar mengetik, sebelumnya  sudah  menetapkan  apa  yang  mungkin    dapat  dicapai  dengan belajar mengetik. Dengan demikian perbuatan belajar yang dilakukan senantiasa terarah kepada tingkah laku yang ditetapkannya.
6.  Perubahan   mencakup seluruh aspek tingkah laku


Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui proses belajar meliputi perubahan  keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara meyeluruh dalam sikap, ketrampilan, pengetahuan, dan sebagainya

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More