Selasa, 22 Oktober 2013

Pengertian Etika Bisnis Dan Etika Manajerial

Etika (ethics) merupakan keyakinan mengenai tindakan yang benar dan yang salah atautindakan yang baik dan yang buruk yang mempengaruhi hal lainnya.  Dengan kata lain,  perilaku etis (ethical behaviormerupakan perilaku yang sesuai dengan norma-norma sosial yang diterima secara umum sehubungan  dengan  tindakan-tindakan  yang  bermanfaat  dan membahayakan. Sedangkan perilaku tidak etis adalah perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial. Sehingga etika bisnis (business ethics) dapat diartikan sebagai perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan oleh manajer suatu organisasi.
Etika manajerialmerupakan standar perilaku yang memandu para manajer dalam pekerjaan mereka. Ada 3 kategori luas dari cara etikamanajerial dapat mempengaruhi pekerjaan orang, yaitu:
a)  Perilaku terhadap karyawan
Kategori ini meliputi materi seperti perekrutan dan pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta privasi dan kepedulian.
b) Perilaku terhadap organisasi
Isu-isu etis juga timbul dari perilaku karyawan terhadap majikan, khususnya  dalam  bidang-bidang  sepertkonflik kepentingan, kerahasiaan,  dakejujuran.  Konflik kepentingan  terjadi  bila  suatu aktifitas bisa menguntungkan individu dan merugikan majikan.
c) Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya
Etika memengaruhi hubungan antara perusahaan dan karyawannya dengan apa yang disebut agen kepentingan primer, terutama pelanggan, pemasok, penyalur dan serikat buruh.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More