Rabu, 23 Oktober 2013

Macam-Macam Penggolongan Pariwisata

Tujuan pariwisataternyata tidak hanya untuk berlibur atau rekreasi, melainkan berhubungan dengan olah raga, pekerjaan, dan tujuan pendidikan. Berdasarkanbatasantersebut, secaraumum sektor pariwisata dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1.Darmawisata, yaitu berbagai jenis pariwisata yang bertujuan untuk mencari kesenangan yang biasanya berhubungan dengan:
a) menikmati perjalanan, seperti mendaki gunung, menjelajah rimba (cross country), dan napak tilas;
b) rekreasi, misalnya kunjungan ke objek wisata taman-taman wisata, pantai, gunung, dan danau;
c) wisata budaya, misalnya kunjungan ke objek candi, keraton, upacara keagaman atau upacara tradisi setempat, dan kesenian daerah;
2.Widyawisata, yaitu jenis pariwisata yang bertujuan memperdalam ilmu pengetahuan, baik untuk belajar misalnya kunjungan ke museum, Taman Mini untuk mempelajari budaya Indonesia, planetarium, ataupun untuk tujuan penelitian, misalnya meneliti keanekaragaman terumbu karang di Taman Bunaken.
3.Karyawisata, yaitu jenis pariwisata yang berhubungan dengan tugas pekerjaan, misalnya pariwisatasambil menghadiri tugas dari tempat pekerjaan (rapat, seminar), atau pariwisata sambil berdagang (niaga).


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More