Monitoring merupakan serangkaian kegiatan untuk memantau proses pelaksanaan program pembinaan pendidikan karakter. Fokus kegiatan
monitoring adalah pada kesesuaian proses pelaksanaan program pendidikan karakter berdasarkan tahapan atau prosedur yang telah ditetapkan.
Evaluasi cenderung untuk mengetahui sejauhmana efektivitas program pendidikan karakter berdasarkan pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Hasil
monitoring digunakan sebagai umpan balik untuk menyempurnakan proses pelaksanaan program pendidikan karakter.
Monitoring dan
Evaluasi secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas program
pembinaan pendidikan karakter sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Lebih lanjut secara rinci tujuan
monitoring dan
evaluasi pembentukan karakter adalah sebagai berikut: 1.Melakukan pengamatan dan pembimbingan secara langsung keterlaksanaan
program pendidikan karakter di sekolah. 2.Memperoleh gambaran mutu
pendidikan karakter di sekolah secara umum. 3.Melihat kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan program dan mengidentifikasi masalah yang ada, dan selanjutnya mencari solusi yang komprehensif agar
program pendidikan karakter dapat tercapai. 4.Mengumpulkan dan menganalisis data yang ditemukan di lapangan untuk menyusun rekomendasi terkait perbaikan pelaksanaan
program pendidikan karakter ke depan. 5.Memberikan masukan kepada pihak yang memerlukan untuk bahan pembinaan dan peningkatan kualitas program pembentukan karakter. 6.Mengetahui tingkat keberhasilan implementasi program
pembinaan pendidikan karakter di sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar