-Menurut Kartini Kartono antara lain
faktor : ?Herediter atau yang sering disebut
faktor warisan atau bawaan. ?
Faktor lingkungan yang menguntungkan atau merugikan Setiap gejala
perkembangan anak merupakan hasil kerjasama pengaruh timbal balik antara potensi hereditas dengan
faktor-
faktor lingkungan. Oleh karena itu bakat dan potensi anak perlu diperhitungkan karena
perkembangan anak pada batas tertentu sangat ditentukan oleh bibit dari setiap potensi psiko-psiko anak. Kualitas dan perkembangan alami seorang anak
mempengaruhi cara bereaksi atau respon anak terhadap segala pengaruh dari lingkungan. Kualitas-kualitas bawaan akan tampak pada penambahan ciri-ciri fisik yang karekteristik misalnya : kecerdasan (intelegensi), ketekunan, minat dan lain-lain. -Abu Ahmadi juga mengemukakan teorinya yang berkenaan dengan perkmabgan anak seperti teori empirisme, teori nativisme, teori konvergensi, teori rekapitulasi, teori dinamika, teori kemungkinan berkembang dan teori interaksianisme.s -Menurut Tadjad pada garis besarnya ada 2
faktor yang
mempengaruhi perkembangan yaitu : •Faktor intern atau faktor yang berasal dari luar diri anak yang dari keturunan dan pembawaan •Faktor ekstern atau faktor yang berasal dari luar diri anak yang berasal dari pengalaman. Dan interaksi dengan lingkungan . contoh : pendidikan dan pengajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang paling dominan yang sangat berpengaruh bagi
perkembangan anak atau faktor keturunan dan faktor lingkungan.
0 komentar:
Posting Komentar