Sabtu, 22 Februari 2014

ZAT-ZAT YANG TERKANDUNG DALAM SEREALIA DAN KACANG-KACANGAN



Yang dimaksud dengan serealia adalah biji-bijian dari famili rumput-rumputan yang kaya  akan  karbohidrat  sehingga  merupakan  makanan  pokok  manusia,  pakan  ternak  dan industri  yang  mempergunakan karbohidrat  sebagai  bahan  baku.  Biji-bijian  yang  tergolong serealia adalah padi, jagung, gandum, cantle dan yang jarang dijumpai di Indonesia adalah oat, barley, rye.
Kacang-kacangan termasuk famili Leguminosa. Yang termasuk kacang-kacangan adalah kacang kedele, kacang tanah, kacang hijau, kacang gude dan sebagainya. Kacang- kacangan merupakan sumber protein nabati. Kacang tanah dan kacang kedele merupakan sumber munyak disamping komoditi yang lain.
A.      Komposisi Kimia

Serealia merupakan sumber karbohidrat utama di dunia. Di Indonesia beras digunakan sebagai sumber protein 45-55% dan sebagai sumber kalori 60-80%. Kacang-kacangan biasanya digunakan sebagai sumber protein nabati, meskipun beberapa diantaranya dipakai sebagai sumber minyak kedele dan kacang tanah. Kadar minyak kedua kacang ini cukup besar lebih dari 30%.
1.   Karbohidrat
Karbohidrat merupakan penyusun terbanyak dari serealia. Karbohidrat tersebut terdiri dari pati (bagian utama), pentosan, sellulosa, hemisellulosa, dan gula bebas. Amilopektin merupakan fraksi utama pati beras, tetapi dalam analisanya lebih sering dilakukan terhadap amilosa. Makin tinggi kadar amilosa maka beras masak yang diperoleh makin pera yaitu mengeras setelah dingin dan kurang lengket.
Kacang hijau merupakan salah satu kacang-kacangan yang dimanfaatakan sifat fungsional dari patinya, yaitu dibuat tepung hunkwe.
2.   Protein
Bagian kedua terebsar setelah serealia adalah protein. Pada serealia fraksi utama adalah prolamin dan globulin, sedang pada kacang-kacangan adalah globulin. Mutu beras dianggap tertinggi diantara protein serealia, terutama karena kandungan lisinnya relatif tinggi.   Beberapa serealia memiliki mutu protein yang rendah dikarenakan kandungan prolamin yang tinggi, karena kandungan lisin dalam prolamin rendah. Sebaliknya kandungan asam amino lisin dalam kacang-kacangan cukup tinggi maka kedua macam pangan jika digunakan secara bersamaan dapat saling menutupi kelemahan masing- masing.
3.   Lipida
Serealia kandungan lipida tertinggi pada lembaga dan lapisan aleuron. Lemak beberapa macam kacang-kacangan misalnya kacang tanah dan kedele menempati prosentase yang tinggi.
4.   Mineral
Mineral terdistribusi dalam lapisan aleuron dan lembaga, oleh sebab itu selama penggilingan beras mineral tersebut banyak terdapat dalam dedak dan katul. Mineral yang terdapat dalam serealia dalam jumlah besar adalah Kalium, fosfor, belerang,magnesium, klorida,  kalsium,  natrium,  dan  silicon.  Yang  dalam  jumlah  sedikit  adalah  besi,  seng, mangan, dan tembaga. Dalam padia-padian yang paling banyak adalah fosfor sedangkan dalam kedele adalah kalium.
5.   Vitamin
Selama penggilingan vitamin pada serealia banyak yang hilang karena kandungan vitamin terbanyak pada aleuron.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More