Selasa, 18 Februari 2014

Mekanisme penerimaan rangsang cahaya pada indera mata


Sinar cahaya yang mengenai mata akan diteruskan melewati bagian- bagian mata dari depan ke belakang secara urut sebagai berikut: kornea, pupil, lensa, dan retina. Pada retina, rangsang cahaya diterima oleh reseptor cahaya. Reseptor cahaya dapat dibedakan menjadi  2  macam  yaitu  sel  batang  dan  sel  konus.  Sel  konus berfungsi untuk melihat pada keadaan terang sedangkan sel batang untuk melihat pada keadaan gelap. Rangsang cahaya oleh reseptor kemudian diubah menjadi impuls syaraf yang kemudian dijalarkan melalui saraf penglihatan (optikus) menuju ke otak untuk diterjemahkan.
Apabila lensa mata dapat menfokuskan sinar cahaya yang masuk mata tepat pada selaput jala (retina), maka disebut mata normal atau emetrop.   Akan   tetapi,   jika   mata   tidak   mampu   memfokuskan bayangan tepat pada retina akan menimbulkan gangguan penglihatan.
Mata bergerak pada saat membaca, perlu pembiasaan membaca agar kemampuan membaca cepat dan ingat. Dapat direkam dengan alat perekam listrik sehingga dapat diketahui kecepatan membaca seseorang. Kemampuan membaca Anak Sekolah Dasar Indonesia belum membanggakan, mari kita bangun dan bangkit untuk sejajar dengan anak-anak di negara maju. Dengan membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More