Minggu, 23 Februari 2014

Macam Sumber-sumber / Asal Sampah


Sampah bersumber dari:
1.  Sampah  yang  berasal  dari  pemukiman  (domestic  waste).
Sampah ini terdiri dari bahan-bahan padat sebagai hasil kegiatan rumah tangga yang sudah dipakai dan dibuang seperti sisa-sisa makanan, baik yang sudah dimasak atau belum, bekas pembungkus, baik kertas, plastik, daun, dan sebagainya, pakaian-pakaian bekas, bahan-bahan bacaan, perabot rumah tangga, daun-daunan dari kebun atau taman.
2. Sampah yang berasal dari tempat-tempat umum. Sampah ini berasal dari tempat-tempat umum seperti pasar, tempat- tempat hiburan, terminal bis, stasiun kereta api, dan sebagainya. Sampah ini berupa kertas, plastik, botol, daun dan sebagainya.
3. Sampah yang berasal dari perkantoran. Sampah ini dari perkantoran, baik perkantoran pendidikan, perdagangan, departemen,         perusahaan   dan   sebagainya.   Sampah   ini berupa kertas-kertas, plastik, karbon, klip, dan sebagainya. Umumnya sampah ini bersifat kering dan mudah terbakar (rabbish).
4.  Sampah yang berasal dari jalan raya. Sampah ini berasal dari pembersihan jalan yang umumnya terdiri dari kertas- kertas,  kardus-kardus,  debu,  batu-batuan,  pasir,  sobekan ban, onderdil-onderdil kendaraan yang jatuh, daun-daunan, plastik dan sebagainya.
5. Sampah yang berasal dari kawasan industri. Sampah ini berasal  dari  kawasan  industri,  termasuk  sampah  yang berasal dari pembangunan industri dan segala sampah yang berasal dari proses produksi, misalnya sampah-sampah pengepakan barang, logam, plastik, kayu, potongan tekstil, kaleng dan sebagainya.
6.  Sampah  yang  berasal  dari  pertanian  atau  perkebunan.
Sampah ini sebagai hasil dari perkebunan atau pertanian misalnya jerami, sisa sayur-mayur, batang padi, batang jagung, ranting kayu yang patah, dan sebagainya.
7.  Sampah  yang  berasal  dari  pertambangan.  Sampah  ini berasal dari daerah pertambangan dan jenisnya tergantung dari  jenis  usaha  pertambangan itu  sendiri  misalnya batu- batuan, tanah / cadas, pasir, sisa-sisa pembakaran (arang), dan sebagainya.
8.  Sampah  yang   berasal  dari  peternakan  dan  perikanan.
Sampah yang berasal dari peternakan dan perikanan ini berupa kotoran-kotoran ternak, sisa-sisa makanan, bangkai binatang, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More