Minggu, 16 Februari 2014

Integrasi nilai-nilai karakter dalam pengendalian/pengawasan program

Pengendalian (controlling) dalam pengelolaan sekolah meliputi supervisi, monitoring, danevaluasi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil-hasil pemenuhan SNP. Pengendalian lebih   menekanka kepada   upaya-upaya sekolah untuk menghasilkan atau menjamin keterlaksanaan program dan keberhasilan tujuan. Supervisi merupakan bantuan untuk memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang  timbul  selama  pelaksanaan program. Sedangkan monitoring merupakan upaya untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan terhadap hambatan  atau  penyimpangan. Evaluasi adalah menilaikinerja sekolah secara keseluruhan atas berbagai keberhasilan program pemenuhan SNP.

Proses pengendalian dalam manajemen sekolah ini hendaknya juga diiringi dengan nilai-nilai karakter pelaku (pengendali)  itu  sendiri,  antara  lain:  jujur, percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif, inovatif, dapat dipercaya, adil, ulet, teliti, visioner, dedikatif, terbuka, tertib, sportif, dan taat peraturan.  Sedangkan apabila dilihat dari sisi manajerial atau kelembagaan, maka nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan/muncul dalam pengendalian ini antara lain adalah nilai-nilaiterbuka, obyektif, adil, terukur (standar), dan bertanggungjawab.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More