Rabu, 26 Februari 2014

Implementasi Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi dalam Pendidikan Karakter

Supervisidan monitoring tidak bisa dipisahkan, yaitu sama-sama untu memberikan   solus ketik terjadi   permasalahan  di lapangan.  Keuntungan  atau  tujuan  khusus  supervisi  adalah untuk memberikan solusi, sedangkan monitoring untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan. Untuk tujuan tertentu, supervisi, monitoring, danevaluasi dapat dilaksanakan secara bersama-sama.     Dalam kerangka pelaksanaan supervisi dan  monitoring  program  dan  kegiatan pendidikan karakter, dapat dikembangkan berbagai macam instrumen sesuai dengan tujuan supervisi dan monitoring. 

Langkah-langkah utama yang perlu ditempuh dalam supervisidanmonitoring pelaksanaan program pendidikan karakter ini antara lain: 
1)  Pengembangan instrumen, 
2)  Evaluasi dirioleh sekolah, 
3)  Verifikasi   da klarifikasi   oleh   petuga supervisi   dan monitoring, 
4)  Melaksanakan  observasi  lapangan  tentang pelaksanaan pendidikan karakter, 
5)  Mendiskusikan temuan dan permasalahan di lapangan, dan 
6)  Memberikan jalan keluar atau mengatasi permasalahan. 

Kegiatan supervisidan monitoring dapat dilakukan oleh internal sekolah seperti kepala sekolah atau penanggungjawab kegiatan, sedangkan dariluar sekolah dapat dilakukan oleh berbagai instansi yang terkait (pemerintah daerah, pemerintah, komite sekolah) dan orang tua peserta didik serta masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More