Kamis, 05 Desember 2013

Teori-teori penyebab manusia lupa




Mengingat adalah memunculkan kembali informasi tersebut pada saat dibutuhkan. Jika  informasi yang  kitbutuhkan tersebut tidak  dapat  dimunculkan kembali secara utuh, maka itulah yang disebut dengan lupa.
Ada beberapa penjelasan mengapa kita lupa

1.  Teori Atropi (Decay Theory)
Lupa  terjadi karena informasi yang pernah kita  simpan tidapernah  lagi dimunculkan. Akibatnya jejak-jejak memori menjadi rusak atau hilang
2.  Teori Interferensi
Informasi yang disimpan tidak hilang. Lupa terjadi karena informasi yang ada saling menghambat atau bercampur aduk. Macamnya:
a interferensi proaktif: informasi yang baru masuk sulit dimunculkan karena terhambat oleh  informasi lama  yang  sudah  tersimpan (informasi lama menghambat informasi baru).
b. interferensi retroaktif: informasi yang sudah lama tersimpan sulit dimunculkan kembali karena terhambat oleh informasi yang baru masuk (informasi baru menghambat informasi lama).
3.  Teori Kegagalan Mengingat kembali (Retrieval Failure Theory)
Informasi yang pernah kita simpan tidak akan hilang. Lupa terjadi jika tidak didapatkan petunjuk yang cukup untuk memunculkan kembali informasi yang pernah disimpan dalam memori. Misal
4.  Motivated Forgetting
lupa terjadi karena adanya dorongan atau usaha untuk melupakan biasanya hal-hal/peristiwa peristiwa yang tidak mengenakkan. Memang ada kecenderungamanusia  untuk  tidak  mengingat-ingat kembali  pengalaman yang kurang menyenangkan/menyakitkan bagi dirinya.
5.  Lupa karena sebab fisiologis (disfungsi memori)
Kelupaan terjadi karena faktor fisiologis, yaitu karena proses kimiawi, proses penuaan atau proses degenerasi sel otak dan syaraf. Macamnya:
a amnesia retrograd, yaitu lupa pada informasi-informasi yang telah lalu.
Misal lupa pada nama sendiri, orang-orang terdekat, alamat rumah, dan lain-lain.
b.  Amnesia anterograd: lupa pada informasi yang baru saja masuk. Misal lupa bahwa tadi baru saja makan.
c Penyakit alzheimer: lupa karena kerusakan sel otak secara progresif akibat kekurangan zat neurotransmitter yang disebut Ach (Asetilkolin)
d.  Sindrom Korsakoff: lupa karena minum alkohol dalam jangka waktu lama sehingga kekurangan vit B1

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More