Senin, 09 Desember 2013

Perkembangan motorik kasar pada anak




Perkembangan motorik kasar adalah perkembangan dari unsur kematangan, pengendalian gerak tubuh serta perkembangan tersebut erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik diotak. Perkembangan motorik kasar bila gerakan yang dilakukan melibatkan sebagian besar bagian tubuh dan memerlukan tenaga karena dilakukan otot-otot yang besar.
a.   Anak umur 3 tahun

Anak dapat mengendarai roda tiga, dapat melompat dari langkah dasar, mereka  dapat  berdiri  pada  satu  kaki    untuk  beberapa  detik,  anak  dapat menaiki tangga dengan kaki bergantian, dapat tetap turun dengan menggunakan kedua kaki untuk melangkah, anak dapat melompat panjang dan mencoba berdansa, tetapi keseimbangan mungkin tidak adekuat.
b.   Anak umur 4 tahun

Anak aktif dan terampil memanjat, berayun dan meluncur, mampu untuk melompat, meloncat pada satu kaki. Mereka dapat menangkap bola dengan tepat,  melempar  bola  bergantian  tangan  dan  berjalan  menuruni  tangga dengan kaki bergantian.
c.   Anak umur 5 tahun
Anak dapat melompat dan meloncat pada kaki bergantian, melempar dan menangkap bola denagn baik. Mereka dapat berjalan dengan tumit dan jari kaki dapat melompat dari ketinggian 12 inci dan bertumpu pada ibu jari kaki.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More