Minggu, 08 Desember 2013

Pengertian-pengertian Belajar





Belajar merupakan topik dasar dalam psikologi yang berperan penting dalam hampir semua cabang psikologi. Sebagai contoh, ahli psikologi yang mempelajari persepsi akan bertanya, Bagaimana kita belajar bahwa orang yang kelihatan kecil dari jarak tertentu itu berarti dia jauh dan tidak berarti orang tersebut kecil. Seorang ahli  psikologi perkembangan mungkin akabertanya- tanya, Bagaimana bayi belajar membedakan ibunya dengan orang lain?. Seorang ahli psikologi klinis akan bertanya, mengapa sebagian orang takut pada laba- laba? Psikolog sosial akan bertanya, Bagaimana kita tahu bahwa kita sedang jauh cinta?. Masing-masing pertanyaan ini meski ditarik dari cabang psikologi yang berbeda dapat dijawab hanya dengan mengacu pada proses belajar.
Belajar dapat diartikan sebagai perubahan perilaku sebagai akibat dari pengalaman dan latihan. Perilaku belajar memiliki ciri-ciri:
1.  merupakan  sebuah  proses  yaitu  belajar  secara  umum  menunjuk  pada proses perubahan
2.  relatif permanent, bahwa perubahan tersebut bukan karena kematangan, kelelahan maupun pengaruh zat-zat kimia
3. perilaku, bahwa belajar akan menjadi bermakna (signifikan) jika ada manifestasi eksternal yang dapat diamati sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan
4.  bersifat potensial, sewaktu-waktu siap dimunculkan. Bahwa tidak semua yang kita pelajari berpengaruh langsung pada perilaku.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More