Selasa, 24 Desember 2013

Pengertian dan pengelolaan air limbah atau air buangan



Air limbah atau air buanganadalah sisa air yang dibuang yang berasal  dari  rumah  tangga,  industri  maupun  tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau   zat-zat   yang   dapat   membahayakan   bagi   kesehatan manusia serta menggangu lingkungan hidup.
Batasan lain mengatakan bahwa air limbah adalahkombinasi dari cairan dan sampah cair yang berasal dari daerah pemukiman, perdagangan, perkantoran dan industri, bersama- sama dengan air tanah, air permukaan dan air hujan yang mungkin ada. Daribatasan tersebut dapatdisimpulkan bahwa air buangan adalah air yang tersisa dari kegiatan manusia, baik kegiatan rumah tangga maupun kegiatan lain  seperti indusri, perhotelan dan sebagainya.
Meskipun merupakan air sisa namun volumenya besar karena lebih kurang 80% dari air yang digunakan bagi kegiatan-kegiatan manusia sehari-hari tersebut dibuang lagi dalam bentuk yang sudah kotor (tercemar). Selanjutnya air limbah ini akhirnya akan mengalir ke sungai dan laut dan akan digunakan oleh manusia lagi. Oleh sebab itu, air buangan ini harus dikeloladan atau diolah secara baik.

Air limbah ini berasal dari berbagai sumber, secara  garis  besar  dapat  dikelompokkan  menjadi  sebagai berikut:
1.    Air buangan yang bersumber dari rumah tangga (domestic wastes water), yaitu air limbahyang berasal dari pemukiman penduduk. Pada umumnyaair limbah ini terdiri dari ekskreta (tinja dan air seni), air bekas cucian dapur dan kamar mandi, dan umumnyaterdiri dari bahan-bahan organik.
2.    Air buangan industri yang berasal dari berbagai jenis industri akibat proses produksi. Zat-zat yang terkandung didalamnya sangat bervariasi sesuai dengan bahan baku yang dipakai oleh masing-masing industi, antara lain nitrogen, sulfida, amoniak, lemak, garam-garam, zat pewarna,mineral, logam berat,   zat   pelarut,   dan   sebagainya.   Oleh   sebab   itu, pengolahan  jenis  air  limbah  ini,  agar  tidak  menimbulkan polusi lingkungan menjadilebih rumit.


3.    Air buangan kotapraja (municipal wastes water) yaitu air buangan yang     berasal     dari     daerah     perkantoran, perdagangan, hotel, restoran, tempat-tempat umum, tempat- tempat ibadah,dan sebagainya. Pada umumnya zat-zatyang terkandung dalam jenis air limbah ini samadengan air limbah rumah tangga.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More