Sabtu, 28 Desember 2013

Macam pemasaran digital dan Kelebihan Kekurangan pemasaran digital

Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
1.    Strategi Tarik/Pull

Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll.
Kelebihan:
·    Tidak memerlukan teknologi canggih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan ataumenampilkannya.
·    Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
·    Kebebasan  media  yaitu  perusahaan  bebas  menggunakan  metode apapun untuk menarik konsumen.
Kekurangan :
·    Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali.
·    Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.(search engine)
·    Terbatasnya kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen.

2.    StrategiDorong/Push

Pemasaran digitalinimemberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk email, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel),MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dll.
Kelebihan :
·    Memilih sasaran konsumen secara khusus.
·    Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
·    Melakukan pelacakan rinci tentang pilihan konsumen. Kekurangan:
·    Memerlukan mekanisme dalam pengiriman pesan.
·    Pesan dapat dicegah oleh konsumen.

·    Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan email atau SMS yang bersifat promosi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More