Strategi harga psikologis mempertimbangkan faktor psikologis konsumen dalam memutuskan untuk melakukan pembelian produk. Penentuan harga psikologis berusaha mendekati sisi emosional konsumen dalam motif pembelian suatu produk.
1) Prestige pricing
Perusahaan menetapkan harga yang tinggi untuk membangun citra merek ekslusif dan berkualitas. Strategi ini cocok diterapkan untuk produk-produk kategori produk shopping dan specialty yang memerlukan pertimbangan matang dalam proses pembelian.Produk fashion merupakan salah satu jenis produk yang menggunakan strategi ini untuk membangun citra merek dikonsumen mereka.
2) Oddpricing
perusahaan menetapkan besaran harga yang ganjil dan dibawah jumlah genap dengan harga yang selisih nominal kecil. Penetapan hargaini dimaksudkan untuk menarik minat konsumen untuk membeli barang yang terasa lebih murah. Supermarket banyak menerapkan strategi harga ini pada produk-produk mereka seperti Carrefour, SuperIndo, dll
3) Multiple unit pricing
Strategi penentuan harga digunakan perusahaan yang menjual dengan harga yang lebih rendah apabila konsumen membeli dalam jumlah barang yang banyak.Semakin banyak barang yang dibeli, maka harga perunitnya semakin murah.
4) Price lining
Perusahaan menjual produk dengan harga yang berbeda untuk model yang berbeda dalam lini produk tertentu. Setiap model produk memiliki perbedaan kualitas dan hargayang berbeda-beda. Konsumen dapat memilih produk dengan harga dan kualtas yang sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen. Harga jual ini sering diterapkan oleh produsen komputer dalam memasarkan produk-produknya
5) Leader pricing
Perusahaan menerapkan hargayang lebih rendah untuk beberapa produk yang mereka jual sehingga akan meningkatkan jumlah konsumen yang berkunjung ke toko mereka. Penetapan harga yang lebih murah dibandingkan tempat lain untuk beberapa item produk diharapkan akan meningkatkan kunjungan pembeli dan melakukan pembelian produk ditoko tersebut, Strategi ini sering dilakukan oleh supermarket atau toko serba ada yang menjual aneka jenis produk yang berbeda sehingga konsumen tidak hanya membeli produkyang berharga murah tapi diharapkan akan membeii produk lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar