Kamis, 05 Desember 2013

Aspek Kemampuan Penduduk sebagai aset SDM



Penduduk adalah manusia yang mendiami suatu wilayah negara. Manusia, melalui tindakannya, merupakan faktor penentu terciptanya ketahanan nasional yang  baik.  Artinya,  penyelenggaraan  negara  yang  dapat  menciptakan kesejahteraan dan keamananan rakyatnya tergantung pada faktor manusia. Hal-hal yang   terkait   dengan   keadaan   penduduk   suatu   negar meliputi   (i)   jumlah penduduk  dan  perubahan  jumlah  penduduk  yang  disebabkan  oleh  adanya fertilitas, mortalitas dan migrasi, (ii) komposisi penduduk ataususunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin, dan (iii) persebaran penduduk. Keadaan penduduk sangat berpengaruh terhadap penyediaan tenaga kerja pengelola kekayaan alam dan berpengaruh pula terhadap personal yang mampu mengelola hankam.   Ole karena   itu agar   dapat   menyelenggaraka kesejateraan   dan keamanan diperlukan keadaan penduduk yang memadai, baik jumlah, komposisi, maupun persebarannya.
Segi  positif  darpertumbuhan  penduduk  adalah  pertambahan  angkatan kerja (man power). Artinya, bertambahnya tenaga kerja (labour force) merupakan potensi terhadap peningkatan kapasitas produksi, tetapi hal itu harus disertai dengan pertambah kesempatan kerja agar tidak timbul persoalan yang lain, yaitu banyaknya  pengangguranPada  umumnyapenduduk  Indonesia  merupakan tenaga kerja yang kurang berkualitas. Berdasarkan Human Development Index (HDI) pada tahun 2002, Indonesia berada pada ranking 110 dan pada tahun 2003 berada pada posisi 112 di bawah Vietnam (109), Filipina (85), Thailand (74), Brunai Darusalam (31), Korea Selatan (30), dan Singapura (28). Menurut Ibrahim, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh International Institute for Menegement Development (IMD) yang berkedudukan di Lausanne Swiss, Indonesia merupakan negara yang berdaya saing terendah dari 49 negara yang diteliti.
Mengingat posisi Indonesia  yang seperti itu  kita  dituntut  untuk bekerja keras dalam pengembangan SDMagar mampu bersaing (Noor Fitrihana, 2004: 21). Pengembangan SDM merupakankunci dalam menghadapi era globalisasi. Beny Sutrisno, Direktur PT. Apac Inti Corpora, menyatakan bahwa SDM merupakan aset penting dalam upaya peningkatan daya saing yang semakin ketat. Kenyataan ini menuntut program pembinaan SDMyang komprehensif dan holistik. Oleh karena itu pengembanga SDM   merupakan   prioritas   utama   dalam   menghadapi globalisasi. Dalam era global, terutama sektor ekonomi, akan terjadi perang harga, kualitas, dan pelayanan tanpa batas negara; termasuk bidang tenaga kerja. Kualitas tenaga kerja akan menjadi faktor penentu  nilai kompetitif dan nilai produktivitas. Tenaga kerja yang berkualitas yang dapat menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas dan inovatif. Oleh karena itu, SDMharus digarap secara serius agar memiliki daya saing.
Pertumbuhan  penduduk  yang  cepat  bila  tidak  disertai  dengan pertumbuhan lapangan kerja akan menimbulkan banyaknya penggangguran. Sebagai contoh, peningkatan angka pengangguran yang disebabkan oleh krisis moneter ternyata menimbulkan dampak sosial, ekonomi, dan hankam. Demikian pula,  pertumbuhan  penduduk  yang  tidak  disertai  oleh  peningkatan  kualitas sumber daya manusia akan mengakibatkan ketimpangan sosial ekonomi dan akhirnya  juga  akan  melemahkan  ketahanan  nasional.  Oleh  karena  itu,  campur pemerintah dalam meningkatkan keseimbangan pertumbuhan dan penyebaran penduduk sangat diperlukan. Pertumbuhan ekonomi yang seimbang dapat meningkatkan ketahanan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More