Senin, 09 Desember 2013

Aktualisasi manusia sebagai makhluk sosial (zoon politicon) dalam kehidupan bernegara



Aktualisasi manusia sebagai makhluk sosial (zoon politicon)tercermin dalam kehidupan bernegara. Negara dalam pemikiran Aristoteles merupakan suatu persekutuan hidup politik (Rapar,2001). Hal ini mengandung makna: (1) sebagai persekutuan hidup politik, negarabukan hanya sebagai instrumen, atau bukan hanya sebagai organisasi yang teratur, melainkan suatu persekutuan hidup yang menunjukkan adanya suatu hubungan yang bersifatorganik, saling berhubungan antar warga negara; (2) sebagai persekutuan hidup, menunjukkan adanya suatu hubungan antar manusia yang khusus,erat, akrab, mesra dan lestari di antara warga negara; (3) selaras dengan konsep negara sebagai persekutuan hidup  politik,  Plato  menegaskan bahwa  negara merupakan  keluarga. Apabila warga negara dapat memahami, menghayati dan mengamalkan makna serta tuntutan hakekat negara sebagai satu keluarga, maka kesatuan dan keutuhan hidup bernegara akan tercipta dan terpelihara dengan baik; dan (4) negara sebagai persekutuan hidup berbentukpolis.
Negara merupakan bentuk persekutuan hidup atau pengelompok- kan manusia yangpaling tinggi, memiliki tujuan yang paling tinggi, paling jelas, paling mulia dan paling luhur bila dibandingkan dengan tujuan yang dimiliki oleh persekutuan hidup lainnya. Negara bahkan secara sistimatis dan berkesinambungan selalu berupayauntuk meningkatkan kesejah- teraan dan kebahagiaan hidupmanusia yang menjadi warga negaranya. Hal ini tercermin dalam setiap program kerja dan aktifitas yang dilakukan negara, atau biasa dikenal dengansebutan pembangunan.
Keberadaan dan  terbentuknya negara  bukan  untuk  negara  itu sendiri.Tujuan akhir negara bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk manusia yangmenjadi warga negaranya. Oleh sebab itu, kendati negara merupakan persekutuan hidup yang berada di jenjang paling atas dan karenaitu berdaulat, namun gagasannegara ideal bukanlah negara absolut, kekuasaan negara tidak bersifatmutlak, negara adalah untuk manusiadan kesejahteraan hidup manusia.
Negara adalah suatubentuk persekutuan hidup yang paling tinggi, karena memiliki tujuan yang paling tinggi, yaitu kebaikan yang tertinggi bagi manusia. Hal ini berarti negaraharus senantiasa mengupayakan serta menjamin adanya kebaikan yang seoptimal mungkin bagi warga negaranya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Biasanya tujuan negara itu tercantumdengan tegas dalam konstitusi negara.
Di dalam negara, manusia yang menjadi warga negaranya harus dapat menikmatikehidupan yang aman dan tenteram.Oleh karena itu, negaraharus dapat melindungiwarga negaranya dari berbagai serangan dari luar, juga harus dapat melindungi warga negaranya dari berbagai gangguan yang berasal dari dalam negara seperti ketidakteraturan dan ketidaktertiban. Negaraharus mengupayakan dan menjamin sebesar-be- sarnya kesejahteraan bersama warga negaranya, karena hanya di dalam kesejahteraan bersama itulah, kesejahteraan individual dapat diperoleh.
Negara ideal adalah negarayang memanusiakan manusia. Manusiahanya menjadi manusia apabila ia hidup di dalam negara (berkelompok), karena di luar negara hanya ada makhluk hidup di bawah manusiaatau yang di atas manusia. Oleh karena itu, negara ada dan terbentuk bukan sekedar agar manusia hidup di dalamnya, tetapi agar manusia itu benar-benar memanusia di dalam negara dan lewat hidup bernegara. Di dalam dan lewat hidup bernegara, manusia dimampukan untuk mencapai tingkatpertumbuhan dan perkembangan yang semaksi- mal mungkin. Hal ini berarti bahwa di dalam negara, manusia seharusnya dapat mencapai tingkatkebajikan yang tertinggi.
Keberhasilan manusia untukmencapai tingkat kebajikan yang tertinggi haruslah lewat  moralitas yang  terpuji,  karena  hanya  dengan moralitas yang demikian itulah yang membedakan manusiadari makhluk hidup yang lainnya.
Negara yang memanusiakan manusia, berarti negaraada dan terbentuk agar manusia dapatmencapai kesempurnaan, yaitu kehidupan dalam tingkat kebajikan yang paling tinggiyang sesuai dengan kodratnya. Melalui negara dimaksudkan agar setiap warganya dapat meraih kese- jahteraan material, spiritual dan intelektual, sebagai perwujudan dari terwujudnya manusia seutuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More