Selasa, 12 November 2013

Pengertian Promosi dan Tujuan Promosi

Promosi merupakan aspek bauran pemasaran yang berhubungan dengan teknik-teknik yang peling efektif untuk menjual suatu produk. Promosi merupakan bagian dari bauran komunikasi untuk menyampaikan informasi produk kepada konsumen dan pihak lain yang berinteraksi dengan perusahaan.
Menurut Griffin dan Egbert (2003) promosi bertujuan untuk menyampaikan empat hal kepada calon pelanggan :
1.Membuat pelanggan sadar terhadap produk
2.Membuat pelanggan banyak mengetahui tentang produk
3.Membujuk pelanggan untuk menyukai produk
4.Membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian

Tujuan akhir dari promosi yang dilakukan adalah untuk meningkatkan volume penjualan. Dalam rangka untuk mencapai volume penjualan , para pemasar dapat menggunakan promosi untuk menyampaikan informasi yaitu memberikan informasi tentang produk kepada konsumen sehingga konsumen mengetahui secara lengkap produk yang kita tawarkan, memposisikan produk yaitu suatu proses pemantapan citra  produk  tertentu  secara  mudah  dalam  pikiran  konsumen,  menambah  nilai produk yaitu memberikan nilai lebih dari suatu produk dan manfaat tambahan yang didapat  dari  suatu  produk,  ,  dan  mengontrol  volume  penjualan,  yaitu  dengan promosi akan mampu meningkatkan penjualan dengan melakukan event-event kegiatan untuk meningkatkan penjualan, seperti diskon, promo dsb.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More