Produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai yang dapat membrikan manfaat bagi konsumen. Konsumentidak akan membeli produk hanya karena merreka menyukai produk tersebut. Konsumen membeli suatu produk karena mereka menyukai dan memperoleh manfaat dari produk tersebut. Konsumen menilai produk dengan melakukan perbandingan antara benefit dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh produk tersebut. Suatu produk harus memiliki ciri-ciri khusus agar dapat diterima oleh konsumen. Ciri khas suatu produkyang dapat dijual dan diterima konsumen adalah kualitas produk dan mampu memberikan manfaat yang nyata sesuai kebutuhan konsumen.
Alasan utama konsumen membeli produk
·Ciri khas (feature) yaitu ciri ciri khusus yang terdapat dalam suatu produkyang membedakan dengan produk yang lain
·Manfaat (benefit) yaitu manfaat yang ditawarkan oleh suatu produk yang dirasakan oleh konsumen.
Secara umum produk yang ditawarkan dibagi kedalam dua kelompok utama yaitu produk yang memiliki fisik dan produk yang tidak memiliki fisik (jasa)
· Produk fisik yaitu produk yang terlihat secara fisik dan dapat diketehui wujud dari produk tersebut. Produkfisik biasanya berupa benda yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memperoleh manfaat dari benda tersebut. Contoh produk fisik yaitu kursi, mobil, sabun, dll
· Jasa yaitu produk yang tidak terlihat fisiknya sehingga orang tidak bisa mengetahui wujud produk tersebut namun dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. Produkjasa biasanya adalah suatu aktifitas atau proses yang manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen. Contoh produkjasa ini yaitu tukang cukur, tukang pijat, dll
0 komentar:
Posting Komentar