Sabtu, 16 November 2013

Pengertian Produk dan Klasifikasi Produk

Produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai yang dapat membrikan manfaat bagi konsumen. Konsumentidak akan membeli produk hanya karena merreka menyukai  produk  tersebut. Konsumen  membeli  suatu produk  karena merekmenyukai  damemperoleh  manfaat  dari produk tersebut.  Konsumen menilai produk dengan melakukan perbandingan antara benefit dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh produk tersebut. Suatu produk harus memiliki ciri-ciri khusus agar dapat diterima oleh konsumen. Ciri khas suatu produkyang dapat   dijua da diterima   konsumen   adala kualitas   produk   da mampu memberikan manfaat yang nyata sesuai kebutuhan konsumen.

Alasan utama konsumen membeli produk
·Ciri khas (feature) yaitu ciri ciri khusus yang terdapat dalam suatu produkyang membedakan dengan produk yang lain
·Manfaat (benefit) yaitu manfaat yang ditawarkan oleh suatu produk yang dirasakan oleh konsumen.

Secara umum produk yang ditawarkan dibagi kedalam dua kelompok utama yaitu produk yang memiliki fisik dan produk yang tidak memiliki fisik (jasa)
·   Produk fisik yaitu produk yang terlihat secara fisik dan dapat diketehui wujud dari produk tersebut. Produkfisik biasanya berupa benda yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memperoleh manfaat dari benda tersebut. Contoh produk fisik yaitu kursi, mobil, sabun, dll
·   Jasa  yaitu  produk  yang  tidak  terlihat  fisiknya sehingga  orang  tidak bisa mengetahui wujud produk tersebut namun dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. Produkjasa biasanya adalah suatu aktifitas atau proses yang manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen. Contoh produkjasa ini yaitu tukang cukur, tukang pijat, dll


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More