Selasa, 05 November 2013

Kegunaan bertanya (Questioning) dalam pembelajaran


Penggunaan pertanyaan  untuk  menuntun  berpikir  siswa  lebih baik daripada sekedar memberi siswa informasi untuk memperdalam pemahaman siswa. Siswa belajar mengajukan pertanyaan tentang fenomena, belajar bagaimana menyusun pertanyaan yang dapat diuji, dan belajar untuk saling bertanya tentang bukti,  interpretasi, dan  penjelasan. Pertanyaan digunakan guru untuk mendorong, membimbing, dan  menilai kemampuan berpikir siswa. 

Dalam pembelajaran yang produktif, kegiatan bertanya berguna untuk: 
(a)  menggali informasi, baik teknis maupun akademis 
(b)  mengecek pemahaman siswa 
(c)  membangkitkan respon siswa 
(d)  mengetahui sejauh mana keingintahuan siswa 
(e)  mengetahui hal-hal yang sudah diketahui siswa 
(f)    memfokuskan    perhatian    siswa    pada    sesuatu    yang dikehendaki guru 
(g)  menyegarkan kembali pengetahuan siswa

Pembelajaran yang menggunakan pertanyaan-pertanyaan untuk menuntun siswa mencapai tujuan belajar dapat mengembangkan berbagai karakter, antara lain berfikir kritis dan logis, rasa ingin tahu, menghargai pendapat orang lain, santun, dan percaya diri.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More