Rabu, 06 November 2013

Pengertian Pemasaran, Tujuan Pemasaran dan Unsur Pemasaran

Manajemen  Pemasaran  adalah  salah  satu  kegiatan-kegiatan  pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itudimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.Kegiatan  pemasaran perusahaan  harus juga  memberikan  kepuasan  kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara  definisi,  Manajemen  Pemasaran  adalah  penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan,  dan  pengawasan  program-program  yang bertujuan  menimbulkan pertukaran  dengan  pasar  yang  dituju  dengan maksud  untuk  mencapai  tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaranbertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif  dapatlah dikatakan bahwa:  Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah   bisni yang   menyatakan   bahwa   pemuasan  kebutuhan   konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep pemasaran:
1.Orientasi pada konsumen, yaitu bahwa pemasaran harus menomorsatukan konsumen dalam menentukan strategi pemasarannya
2.Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral, yaitu kegiatan pemasaranmerupakan satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan menekankan pada konsep bauran pemasaran (marketing mix)
3.Kepuasan konsumen, kepuasan konsumen adalah yang terpenting dan menjadi tujuan utama yang harus dicapai oleh perusahaan.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More