Rabu, 02 Oktober 2013

Teori Kebutuhan Manusia-Teori Hirarki Kebutuhan Maslow


Maslomengemukakan bahwa manusia memiliki lima kebutuhan yang bertingkat. Motivasi manusia dipengaruhi oleh kebutuhan yang mendesak yang harus  mereka penuhi.  
Kebutuhanmanusia menurut  Maslow bersifat hirarkis (bertingkat) yaitu:
·   Kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhanmanusia yang paling dasar untuk dapat bertahan hidup.  meliputi sandang, pangan, papan dan kebutuhan biologis
·   Kebutuhan keamanan dan keselamatan, yaitu kebutuhan manusia dari rasa takut dan khawatir terhadap bahaya yang akan menimpanya. Kebutuhan ini contohnya misalnya terbebas dari sakit dengan mengikuti asuransi kesehatan, ketakutan akan keamanan rumah dengan menggunakan sistem keamanan, keamanan pekerjaan dengan meminta kepastian kontrak tetap karyawan bukan karyawan kontrak.
· Kebutuhan sosial, Yaitu kebutuhan manusiauntuk melakukan interaksi dengan orang  lain sebagai bagian dari makluk  sosialKebutuhan ini timbul karena manusia tidak dapat hidup sendiri dan berada dalam lingkungan sosial masyarakat. Contoh kebutuah sosial misalnya melakukan kegiatan ronda keliling.
·  Kebutuhan   akan   penghargaan,   yait kebutuhan   manusi akan penghargaan yang diberkan orang lain terhadap sesuatu yang berhubungan dengan dirinya baik tentang pribadi maupun kegiatan yang dilakukan. Kebutuhan akan penghargaan ini misalnya berupa Piagam atas rangking pertama di sekolah.
· Kebutuhan  aktualisasi  diri,  yaitu  kebutuhan  untuk  bertindak  sesuai kemauan dan bakat   yang dimiliki. Contoh dari kebutuhan ini misalnya adalah kelompok pecinta mobil , pecinta alam, dsb

Menurut Maslow, kebutuhan manusia dimulai dari kebutuhan yang paling dasar kemudian naik ke kebutuhan-kebutuhanberikutnya. Hirarkhi kebutuhan ialah bahwa kebutuhan itu dipenuhi dengan memuaskan terlebih dahulu kebutuhanyang paling urgent. Suatu kebutuhanyang terpuaskan akan berhenti memotivasi kebutuhan tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More