Senin, 21 Oktober 2013

Teori Belajar dan Kebutuhan Manusia menurut Maslow


Teori didasarkan atas asumsi bahwa didalam diri kita ada dua hal:
1.suatu usaha yang positif untuk berkembang,
2.kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan itu(Maslow,1968)
Pada diri masing-masing orang mempunyai berbagai perasaan takut seperti rasa takut untuk berusaha atau berkembang, takut untuk mengambil kesempatan, takut membahayakan apa yang sudah ia miliki dan sebagainya tetapi di sisi lain seseorang juga  memiliki dorongan untuk lebih maju ke arah keutuhan, keunikan diri, ke araberfungsiny semua   kemampuan keara kepercayaan   diri menghadapi dunia luar dan pada saat itu juga ia dapat menerima diri sendiri(self).
Maslow membagi kebutuhan-kebutuhan (needsmanusia menjadi tujuh hierarki. Bila seseorang telah dapat memenuhi kebutuhan pertama, seperti kebutuhan fisiologis, barulah ia dapat menginginkan kebutuhan yang terletak di atasnya, ialah kebutuhan mendapatkan rasa aman dan seterusnya. Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow ini mempunyai implikasi yang penting yang harus diperhatikan oleh guru pada waktu ia mengajar anak-anak. Ia mengatakan bahwa perhatian dan motivasi belajar tidak mungkin berkembang kalau kebutuhan dasar si siswa belum terpenuhi.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More