1. Pendekatan Pencegahan (preventive approach)
Sebelum
proses belajar mengajar dimulai guru seharusnya berusaha dengan
berbagai cara untuk mengetahui
kondisi awal
para siswa, dan memprediksi beberapa siswa yang mungkin akan mengalami kesulitan. Dengan
demikian,
guru
dapat mencegah kesulitan berkembang secara berlarut-larut dengan menggunakan multi media, multi metode, alat peraga yang lengkap dan gaya
mengajar yang menarik dalam proses
belajar mengajar.
2. Pendekatan Penyembuhan (curative approach)
Pendekatan ini
diberikan terhadap siswa yang nyata-nyata telah mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Gejalanya, prestasi belajar sangat rendah dibandingkan dengan kriteria, misalnya 75% penguasaan bahan.
3. Pendekatan Perkembangan (developmental approach)
Guru dituntut
senantiasa mengikuti perkembangan siswa secara sistematis. Caranya, guru secara terus menerus memonitor kegiatan siswa selama proses belajar
mengajar.
Setiap menemui
hambatan,
segera
dipecahkan bersama siswa secara terus
menerus.
0 komentar:
Posting Komentar