Senin, 21 April 2014

Teori Belajar Mengajar ( Jerome. S. Bruner )

Belajar adalah berubah. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah belajar berarti usaha mengubah tingkah laku. Jadi, belajar akan membawa suatu perubahan pada individu-individu yang melakukan proses belajar. Perubahan tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga bentuk kecakapan atau keterampilan, sikap, pengertian harga diri, minat, watak, dan penyesuaian diri. Jelasnya menyangkut segala aspek organisme dan tingkah laku pribadi seseorang. Sehingga tujuan dari belajar itu mencakup tiga hal yaitu: 1. Hal ihwal keilmuan dan pengetahuan konsep atau fakta (kognitif). 2. Hal ihwal personal, kepribadian atau sikap (afektif). 3. Hal ihwal kelakuan, keterampilan atau penampilan (psikomotorik). Belajar merupakan proses kegiatan untuk mengubah tingkah laku si subjek belajar, sehingga dalam proses belajar tentunya dipengaruhi dengan berbagai faktor. Secara garis besar faktor yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar dibagi menjadi dua yaitu faktor eksternal (berasal dari luar diri si subjek belajar) dan faktor internal (berasal dari dalam diri si subjek belajar). Faktor eksternal lebih condong pada faktor lingkungan sedangkan faktor internal lebih menekankan pada sisi psikologis si subjek belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More