Suryabrata menjelaskan
fungsi evaluasi hasil belajar meliputi :
1) Fungsi Psikologis, yaitu agar siswa memperoleh kepastian tentang status di dalam kelasnya. Di samping itu, bagi guru merupakan suatu pertanggungjawaban sampai seberapa jauh usaha mengajamya dikuasai oleh siswa-siswanya.
2) Fungsi Didaktis, bagi anak didik, keberhasilan maupun kegagalan belajar akan berpengaruh besar pada usaha-usaha berikutnya. Sedang bagi pendidik, penilaian hasil belajar dapat menunjukkan keberhasilan atau kegagalan mengajarnya termasuk di dalamnya metode mengajar yang dipergunakan.
3) Fungsi Administratif, dengan adanya penilaian dalam bentuk rapor akan dapat dipenuhi berbagai fungsi administratif yaitu: · Merupakan inti laporan kepada orang tua siswa, pejabat, guru dan siswa itu sendiri. · Merupakan data bagi siswa apabila ia akan naik kelas, pindah sekolah, maupun untuk melamar pekerjaan. · Dari data tersebut kemudian dapat berfungsi untuk menentukan status anak dalam kelasnya. · Memberikan informasi mengenai segala hasil usaha yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan.
Wuradji mengemukakan
fungsi evaluasi ke dalam tiga golongan yaitu:
1 . Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan murid · Untuk mengetahui kemajuan belajar · Dapat dipergunakan sebagai dorongan (motivasi) belajar · Untuk memberikan pengalaman dalam belajar.
2. Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan pendidik · Untuk menyeleksi murid yang selanjutnya berguna untuk meramalkan keberhasilan studi berikutnya. · Untuk mengetahui sebab-sebab kesulitan belajar murid, yang selanjutnya berguna untuk memberikan bimbingan belajar kepada murid. · Untuk pedoman mengajar · Untuk mengetahui ketepatan metode mengaiar. · Untuk menempatkan murid dalam kelas (ranking, penjurusan, kelompok belajar dan lainnya).
3. Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan organisasi atau lembaga pendidikan : · Untuk mempertahankan standar pendidikan · Untuk menilai ketepatan kurikulum yang disediakan · Untuk menilai kemajuan sekolah yang bersangkutan. Menurut
Thorndike dan Hagen, tujuan dan
kegunaan penilaian pendidikan dapat diarahkan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut: 1 . Pengajaran 2. Hasil belajar 3. Diagnosis danusaha perbaikan 4. Penempatan 5. Seleksi 6. Bimbingan dan konseling 7. Kurikulum 8.Penilaian kelembagaan.
0 komentar:
Posting Komentar