Minggu, 27 April 2014

Asumsi- asumsi pokok komunikasi

Gary Cronkhite merumuskan empat asumsi pokok komunikasi yang dapat membantu memahami komunikasi : 1.Komunikasi adalah suatu proses (communication is proses) 2.Komunikasi adalah pertukaran pesan (communication is transtactive) 3.Komunikasi adlah interaksi yang bersifat multidimensi (communication is multidimentional). Artinya, karateristik sumber (source), saluran (channel), pesan (message), audience dan efek dari pesan, semuanya berdimensi kompleks. Suatu pesan, misalnya mempunyai efek yang berbeda-beda diantara audience. Tergantung pada keyakinan, nilai-nilai, kepribadian, motif maupun pola-pola perilaku yang spesifikasi seperti kebiasaan mendengar, berbicara, membaca, menulis, dan pilihan reference group (kelompok eksternal yang mencari orientasi). 4.Komunikasi merupakan interaksi yang mempunyai tujuan-tujuan atau maksud-maksud ganda (communication is multipurposeful).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More