Kamis, 20 Februari 2014

Sifat-sifat kimia susu sapi



Air susu merupakan bahan makanan utama bagi makhluk yang baru lahir,baik bagi hewan maupun manusia. Sebagai bahan makanan/minuman air susu sapi mempunyai nilai gizi yang tinggi, karena mengandung unsur-unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Calsium, Phosphor, Vitamin A, Vitamin B dan Riboflavin yang tinggi. Komposisinya yang mudah dicerna dengan kandungan
protein, mineral dan vitamin yang tinggi, menjadikan susu sebagai sumber bahan makanan yang fleksibel yang dapat diatur kadar lemaknya, sehingga dapat memenuhi keinginan dan selera konsumen.
Susu didefinisikan sebagai sekresi dari kelenjar susu binatang yang menyusui anaknya (mamalia).
Sifat-sifat kimia susu sapi :
1.  merupakan makanan yang tersusun oleh zat-zat gizi lengkap (protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin) sehingga sangatbaik untuk kesehatan dan pertumbuhan.
2.   merupakan bahan yang baik untuk perkembangan mikroorganisme shg mudah rusak
3.   zat gizi pada susu sapi terdapat dalam bentuk :
•    larutan murni : mineral dan KH
•    larutan koloidal : protein
•    emulsi : lemak
4.   Iklim
       Kadar lemak dan protein sangat dipengaruhi oleh iklim. Musim dingin kadar lemak lebih tinggi dari musim-musim lain. Daerah yang memiliki iklim sub tropis Æ susu memiliki protein   dan   lema yan tingg demikian  pula   makanannya  juga   harus   yang mengandung protein dan lemak yang tinggi.
5.   Waktu laktasi
     Tahap laktasi yaitu periode dari saat sapi lahir hingga memproduksi susu. Air susu yang dihasilkan pada 4-5 hari pertama dalam waktu laktasi disebut kolustrum, kandungan garamnya lebih tinggi, terutama kandungan Na dan Cl-nya, sehingga memberikan rasa yang lebih asin. Mulai hari kelima dan seterusnya kadar lemak yang naik, demikian juga kadar protein.
6.   Prosedur pemerahan
      Umur laktosa dan protein dalam susu relatif konstan dan menunjukkan keragaman yang kecil bila  pemerahan dilakukan pada siang hari. Kandungan lemak susu mungkin berbeda  jika  pemerahan dilakukan pada  pagi  hari  dan  kemudian pada  sore  hari. Semakin teratur jarak antara pemerahan, semakin teratur pula kandungan lemak pada susu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More