Jumat, 31 Januari 2014

Pentinganya Pengelolaan Kualitas Produk



Kualitas didefiniskan sebagai totalitas ciri dan karakteristik suatu produk atau jasa   yan mendukun kemampuanny untu memuaskan   kebutuha yang dijanjikan.  Secara  umum  kualitas  dapat  dilihat  dari  perspektif  produsen  selaku pembuat produk maupun konsumen selaku pembeli produk. 
Dalam melakukan penilaian terhadap kualitas, konsumen akan mempertimbangkan berbagai dimensi kualitas yaitu:
                    i.       Performance atau kinerja, merupakan karakteristik pengoperasian produkyang utama, misalnya dimensi performance TV adalah kejelasan gambar dan kejernihan suara.
                  ii.       Features adalah karakteristik tambahan bagi suatu produk, misalnya layanan delivery dari Pizza Hut.
                 iii.       Reliability  adalah  konsistensi  prestasi  produk  selama  periode  tertentu misalnya daya tahan baterai laptop dalam periode pemakaian 24 jam.
                 iv.       Conformance adalah kemampuan produk dalam memenuhi standar tertentu.
                  v.       Durability adalah tingkat keawetan produk misalnya baterai Energizer yang dapat dipakai lebih lama dibandingkan produk pesaingnya.
                 vi. Serviceability adalah kemudahan produk untuk direparasi misal ketersediaan sukucadang sepeda motor Honda.
                vii.       Aesthethic  adalah dimensi keindahan,  rasa,  bau suatproduk,  misalnya kelembutan dan rasa es krim Walls.
              viii.       Perceived quality adalah image kualitas yang diciptakan melalui pemasaran, merek dan reputasi misalnya reputasi Honda untuk sepeda motor.
Apabila dilihat dari sisi perusahaan, maka kualitas produk akan dijamin melalui aktivitas penjaminan kualitas (quality assurance activities). Penjaminan kualitasbermakna bahwa perusahaan berkomitmen sepenuhnya terhadap kualitas produk, mulai dari tahap pra rancangan produk sampai penyampaian produk kepada konsumen. Oleh karena itulah maka saat ini semua perusahaan mengimplementasikan Manajemen Kualitas Total (Total Quality Management/ TQM)yaitu suatu pendekatan untuk mengintegrasikan kualitas pada semua level organisasi Pengelolaan kualitas berdasarkan prinsip TQM tersebut meliputi tahapan berikut:
1)  Perencanaan kualitas. Perencanaan untuk kualitas harus dimulai sebelum suatu produk dirancang. Guna mendapat hasil terbaik, perusahaan dapat diundang untuk berpartisipasi dalam perencanaan. Dalam tahap ini, manajer harus menetapkan kinerja kualitas yaitu keistimewaan kinerja yang ditawarkan suatu produk dan keandalan kualitas yaitu konsistensi kualitas produk dari satu unit ke unit berikutnya.
2) Pengorganisasian  kualitas.  Tahap  ini  berarti  bahwa  perusahaan menanamkan keyakinan bahwa produksi barang dan jasa yang berkualitas hany dapa dilakuka dengan   seluruh   upay dari   semua   bagian/ departemen dalam organisasi. Kualitastidaklah semata-mata menjadi tanggung  jawab  departemen  mutu  dari  manajemen  operasi  melainkan seluruh pihak dalam organisasi dalam rangka memberikan produk terbaik bagi konsumen.
3) Pengarahan kualitas. Di sini berarti bahwa manajer harus memotivasi karyawan di seluruh perusahaan untuk mencapai tujuan kualitas. Manajer harus membantu karyawan mengetahui bagaimana mereka dapat memengaruhi kulaitas dan bagaimana kualitas memengaruhi pekerjaan mereka maupun perusahaan. Oleh karena itu manajer sebagai pemimpinm harus  secara  kontinu  mencari  cara  car membantu  pengembangan orientasi kualitasdengan melatih karyawan,  mendoronketerlibatan  dan mengkaitkan kompensasi terhadap kualitas kerja. Apabila manajer berhasil melakukan semua itu maka karyawan akhirnya akan menerima quality ownership yaitu prinsip manajemen kualitas total yang berkeyakinan bahwa kualitas  menjadmilik  setiap  orang  yanmenciptakannya  bersamaan dengan pelaksanaan tugasnya.

4)  Pengendalian  kualitas.  Dalam  proses  produksi  barang   maupun  jasa, manajer harus dapat menetapkan standar dan pengukuran kualitassecara spesifik sehingga mampu mendeteksi kesalahan dan melakukan tindakan koreksi yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More