Rabu, 25 Desember 2013

Pengertian HIV/AIDS, Tanda-tanda dan gejala HIV/AIDS dan Cara menghindar dari HIV/AIDS


Perdebatan   seputar   asal-usul   AIDS   telah   sangat   menarik perhatian dan sengketa sejak awal epidemi. Namun, bahaya mencoba mengenali dari mana AIDSberasal. Orang-orang dapat menggunakannya sebagai bahan perdebatan untuk menyalahkan kelompok tertentu atau gaya hidup.
Kasus AIDS pertama ditemukan di ASpada 1981, tetapi kasus tersebut   hanya   sedikit   memberi   informasi   tentang   sumber penyakit ini. Sekarang ada bukti jelas bahwa AIDS disebabkan oleh virus yang dikenal dengan HIV. Jadi untuk menemukan sumber  AIDS kita  perlu  mencari  asal-usul HIV.  Asal-usul HIV bukan hanya menyangkut masalah akademik, karena tidak hanya memahami dari mana asal virus tersebut tetapi juga bagaimana virus ini berkembang menjadi penting sekali untuk mengembangkan vaksin HIV dan pengobatan yang lebih efektif. Juga, pengetahuan tentang bagaimana epidemi AIDStimbul menjadi  penting  dalam  menentukan  bentuk  epidemi  di  masa depan serta mengembangkan pendidikan dan program pencegahan yang efektif.


Tanda-tanda dan gejala HIV/AIDS
Pesakit AIDS akan mengalami gejala-gejalaseperti di bawah:
     Penurunanberat badan sehingga10% yang tidak diketahui puncaknya
•   batuk yang kronik dan berterusan
     Demam  yang  berpanjangan.  Demam  ini  berlaku  secara berkala ataupun berterusan
     Pembengkakan nodus limfa terutamanya di leher, ketiak dan selakangan.
     Terserangherpes zoster yangberulang-ulang. Herpes zoster merupakan infeksi saraf oleh virus yang dicirikanoleh kehadiran lepuhan pada kulit.
     Kandidiasis  di  mulut  dan  tekak.  Kandidiasis  merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh sejenis kulat(fungus).


Cara menghindar dari HIV/AIDS?
     Lebih aman berhubungan seks dengan pasangantetap (tidak berganti-ganti pasanganseksual).
•   Hindari hubunganseks di luar nikah. •  Menggunakan  kondom  jika  melakukan  hubungan  seksual berisiko tinggi sepertidengan pekerja seks komersial.


     Sedapat mungkin menghindari tranfusi darah yang tidak jelas asalnya; menggunakan alat-alat medis dan non media yang terjamin streril.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More