Senin, 09 Desember 2013

Pengembangan-pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling



Pengembangan materi bimbingan dan konseling dilakukan setelahkita melakukan analisis kebutuhan materibimbingan dan konseling.Pengembangan materi  bimbingan dan  konseling dimaksudkan  sebagai acuan guru dalammemberikan kegiatan layanan bimbingandankonselingdi sekolah.
Pengembangan materi adalah segala bentuk pengembangan bahanyang digunakan untuk membantu guru pembimbing dalam melaksanakankegiatan layanan bimbingan dan konseling. Bahan bimbingandimaksudbisa berupa bahan bimbingan tertulis maupun bahan bimbingantidaktertulis. Bahan bimbingan yang dimaksud adalah seperangkatmateri bimbingan dan konseling yangdisusun secara sistematis,menampilkansosok utuh daribentuk kompetensiyang ada pada diri peserta didik sehingga guru pembimbingdapat memberikan perlakuan lebihlanjut terhadap kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik.
Pengembanganmateri merupakanhal pentingyangharus dilakukan guru pembimbing. Pengembangan materi bertujuan untuk:
a.      Memperkaya  informasi  yang diperlukan dalam menyusun  materi layananbimbingan dan konseling.
b.      Dapat  digunakan  sebagai  pedoman  dalam  memberikan layananbimbingan dan konseling.
c.      Memudahkan bagi peserta didik untuk mempelajari suatukompetensi tertentu
Agar pengembangan materi bermakna,makaguru pembimbing dituntut untuk dapat secara kreatif mendesain suatu materiyangmemungkinkan   pesertadidik dapat secara langsungmemanfaatkanbentuk pengembangan materi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More