Rabu, 25 Desember 2013

Pemanfaatan Sumber Daya Perkebunan

Bentuk optimalisasi dan pemanfaatan lainnya dari sumber daya lahan yaitu melalui kegiatan perkebunan. Selain faktor tanah dan ketersediaan air, faktor alam lain yang sangat diperhatikan dalam budidaya perkebunanadalah unsur iklim. Anda tentu mengetahui pembagian zona iklim menurut Junghun.
Menurut Junghun budidaya tanaman perkebunan biasa dikelompokkan berdasarkan garis ketinggian yang berhubungan dengan zona iklimnya, yaitu sebagai berikut.
  1. Di daerah zona panas (dataran rendah), biasa dibudidayakan tanaman kelapa, tebu, dan jagung.
  2. Batas pantai sampai sekitar ketinggian 700 meter diatas permukaan laut sangat cocok untuk dikembangkan tanaman tebu, karet, dan kopi.
  3.   Ketinggian sekitar 700–1.500 meter di atas permukaan laut, jenis tanaman perkebunan yang biasa diupayakan penduduk antara lain teh, kina, dan hortikultur.
Dilihat dari jenis komoditas yang dibudidayakan, tanaman perkebunan dibedakan menjadi dua, yaitu tanaman keras, seperti teh, kopi, karet, kelapa, kelapa sawit, cokelat, cengkeh, dan pala, serta tanaman musiman seperti tembakau, dan tebu. Adapun berdasarkan bentuk pengusahaannya, kegiatan perkebunan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perkebunan rakyat dan perkebunanbesar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More