Sabtu, 14 Desember 2013

Fungsi, Proses Perencanaan dan Manfaat Perencanaan SDM


Perencanaan SDMmerupakan proses menentukan kebutuhan SDM organisasi dan menjamin organisasi memiliki jumlah dan kualitas karyawan sesuai yang dibutuhkan pada saat yang tepat (right people in the right time). Perencanaan SDM secara jangka pendek berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, sedangkan untuk jangka panjang juga meliputi perencanaan perubahan kebutuhan sesuai tuntutan pekerjaan.
Agar mendapatkan hasil yang optimal maka proses perencanaan sumber daya manusiamelibatkan pertimbangan internal dan eksternal.
Proses perencanaansumber daya manusiameliputi tahapan berikut:
a) Analisis pekerjaan, berisi dua macam hal yaitu:
·      Deskripsi   pekerjaa daftar   kewajiban,   tanggun jawab hubungan pelaporan, kondisi kerja, dan tanggung jawab penyeliaan yang melekat pada suatu pekerjaan.
·      Spesifikasi   pekerjaa daftar   persyaratan   yang    diperlukan   untuk memegang jabatan/ pekerjaan tertentu, yaitu tingkat pendidikan, keterampilan, kepribadian dll.
b) Peramalan  permintaan  dan  penawaran  tenagkerja  Faktor-faktor  yang memengaruhi perencanaan sumber daya manusia antara lain dari sisi permintaan tenaga kerja dipengaruhi oleh perubahan lingkungan eksternal (ekonomi, sosial, politik, teknologi), organisasional (rencana strategik, anggaran, analisis pekerjaan), lingkungan kerja (pemberhentian kerja, pensiun) dan lain-lain. Semua faktor tersebut dianalisis untuk menentukan permintaan tenaga kerja. Sedangkan dari sisi penawaran tenaga kerja perusahaan   dapa meliha bagan   penempatan   tenaga   kerj dalam organisasi, yang berisi pengisian lowongan jabatan dan pola perpindahan karyawan. Hal ini berguna untuk mengetahui persediaan sumber daya manusia internal.  Selain  itu  perusahaan  juga melihat  tenagkerja  yang tersedia di pasar tenaga kerja pada umumnya. Dengan demikian ada dua penawaran tenaga kerja yaitu internal dan eksternal organisasi.
c) Pencocokan permintaan dan penawaran tenaga kerja. Proses ini dilakukan berdasarkan kekurangan dan kelebihan sumber daya manusia yang diramalkan.
Manfaat perencanaan SDM

·         Sebagai dasar pengadaan karyawan yang ekonomis
·         Mengembangkan  informasi  dasar  manajemen  SDM  untuk  mendukung kegiatan perusahaan lainnya
·         Mengkoordinasikan berbagai kegiatan , missal: penarikan karyawan dengan proses seleksi.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More