Sabtu, 28 September 2013

Pengertian Obligasi, Karakteristik Obligasi dan Jenis Obligasi


Obligasi adalah surat tanda hutang yang mewajibkan penerbit obligasi untuk membayarkan kembali nilai nominal disertai bunga kepada pembelinya. Dengan demikian obligasi merupakan salah satu instrumen yang memberikan pendapatan tetap bagi pemegangnya.
1. Karakteristik Obligasi

Umumnya obligasi memiliki karakteristik sebagai berikut:
a.    Nilai Intrinsik
Adalah nilai teoretis dari obligasi. Nilai ini dapat diperoleh dari estimasi nilai saat ini (present value) semua aliran kas yang diterima pemegang obligasisaat ini. Besarnya nilai intrinsik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
·           Kupon obligasi, menunjukkan besarnya pendapatan bunga yang akan   diperoleh   pemegang   obligasi   dari   perusahaan   penerbit obligasi(emiten) selama umur obligasi. Kupon ini biasanya dibayarkan secara periodik oleh emiten dan sering disebut dengan pendapatan bunga.
·           Waktu jatuh tempo, menunjukkan umur obligasi. Terdapat dua tipe jatuh tempo yaitu term bond, merupakan tipe yang paling umum dan menunjukkan bahwa obligasi mempunyai satuwaktu jatuh tempo danserial bond yaitu obligasi yang memiliki waktu jatuh tempo lebih dari sekali.
·           Nilai  par  atau  nilai  prinsipal  adalah  nilai  pokok  obligasi yang ditentukan oleh emiten pada saat obligasi pertama kali ditawarkan kepada investorNilai  paini berbeda dengan nilai  pasar.  Nilai pasar akan tercermin dalam harga pasar obligasi dan nilainya berubah-ubah  karena  pengaruh  perbedaan  kupon  dan  tingkat bunga pasar.
b.    Tipe Penerbitan.
Obligasi dapat mempunyai tipe jaminan (collateral) dan urutan klaim yang berbeda. Emiten bisa menerbitkan obligasi dengan jaminan aset riil tertentu ataupun tanpa jaminan sama sekali. Tipe yang kedua ini umumnya hanya dipakai perusahaan yang memiliki krediblilitas baik. Selain  itu  obligasi  juga dapat  diterbitkan  dengan  urutan  klaim  yang berbeda. Dua jenis obligasi berdasarkan karakteristik ini adalah obligasi senior, yaitu obligasi yang memberikan hak prioritas pertama atas klaim aset  perusahaan ketika terjadi  permasalahan  likuidotas  daobligasi yunior/ subordinat adalah obligasiyang memberikan hak kepada pemegangnya setelah hak obligasi senior terpenuhi.
c.    Bond Indentures
Ialah dokumen legal tentang hak penerbit maupun pemegang obligasi. Dalam dokumen tersebut akan tercantum spesifikasi obligasi seperti waktu jatuh tempo, waktu pembayaran bunga dan pembatasan pemberian dividen bagipemegang saham perusahaan.
d.    Call Provision
Adalah hak penerbit obligasi untuk melunasi sebelum jatuh tempo. Hak ini akan digunakan apabila tingkat suku bunga pasar di bawah tingkat kupon obligasi, sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya modal yang ditanggung akibat membayar bunga di atas bunga pasar yang berlaku. Tidak semua obligasi dapat dilunasi oleh perusahaan penerbitnya sebelum jatuh tempo. Obligasi yang memberikan call provision  disebut  dengan  callable  bond.  Pada  obligasi  yang.  Tidak dapat dilunasi sebelum jatuh tempo (non-callable) berarti terdapat jaminan keuntungan kepada pemegang obligasi apabila tingkat suku bunga pasar mengalami penurunan. Pelaksanaan call provision pada dasarnya akan menguntungkan perusahaan danmerugikan emiten sehingga umumnya emiten diharuskan membayar sejumlah uang yang disebut  dengan  call  premium.  Sesudah  perusahaan  membeli obligasinya kembali maka, ia dapat menerbitkan obligasibaru dengan tingkat  bunga  atau kupon  yang  lebih  rendah sesuai  dengan  tingkat bunga pasar.

       2. Jenis Obligasi
Jenis obligasi juga ada bermacam-macam, diantaranya adalah:
a)    Mortgage  bond  adalah  obligasi  yang  diterbitkan  oleh  perusahaan dengan menggunakan jaminan asset riil tertentu.
b)    Unsecured bond/ debentures, adalah obligasiyang diterbitkan tanpa memakai jaminan asset riil tertentu.
c)    Convertibl bond yait obligasi   yan memberikan   ha kepada pemegangnya untuk mengkonversi obligasitersebut dengan sejumlah saham perusahaan pada harga yang telah ditetapkan.
d)    Putabl bond adalah   obligasi   yan memberikan   ha kepada pemegangnya untuk menerima pelunasan obligasisesuai dengan nilai parsebelum waktu jatuh tempo.
e)    Floating rate bond, adalah obligasidengan tingkat bunga yang besarnya disesuaikan dengan fluktuasi tingkat bunga pasar yang berlaku.
f)     Fixed income bond, adalah obligasi yang memberikan pendapatan tetap kepada pemegangnya.
g)    Zero coupon bond, adalah obligasi yang tidak memberikan pembayaran bunga. Obligasijenis ini dijual dengan harga di bawah nilai par/ dijual dengan  diskon  sehingga keuntungan  yang  diperoleh  investor merupakan selisih harga pasar dengan nilai par obligasisaat dibeli.
Sedangkan berdasar penerbitnya, maka obligasi dapat dibedakan menjadi 1) government bond adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah; 2) corporate bond adalah obligasiyang diterbitkan oleh perusahaan; dan 3) municipal  bond  merupakan  obligasi  yang  diterbitkan  oleh  pemerintah daerah.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More