Sabtu, 21 September 2013

Nilai-nilai yang Diajarkan Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah

Dalam pendidikan karakter Lickona menekankan pentingya tiga komponen karakteryang baik (components of good character) yaitu moral knowing atau pengetahuan tentang moral, moral feeling atau perasaan tentang moral dan moral action atau perbuatan bermoral. Hal ini diperlukan agar siswa didik mampu memahami, merasakan dan mengerjakan sekaligus nilai-nilai kebajikan.
·         Pertama, Moral Knowing, Secara umum terdapat enam hal yang menjadi tujuan dari diajarkannya moral knowing yaitu: 1) moral awereness, 2) knowing moral values, 3) persperctive taking, 4) moral reasoning, 5) decision making dan 6) self-knowledge.
·         Kedua Moral Feeling. Terdapat 6 hal yang merupakan aspek dari emosi yang harus mampu dirasakan oleh seseorang untuk menjadi manusia berkarakter yakni : 1) conscience, 2) self-esteem, 3) empathy, 4) loving the good, 5) self-control dan 6) humility.
·         Ketiga Moral Action. Perbuatan/tindakan moral ini merupakan hasil dari dua komponen karakterlainnya. Untuk memahami apa yang mendorong seseorang dalam perbuatan yang baik maka harus dilihat tiga aspek lain dari karakteryaitu : 1) kompetensi, 2) keinginan dan 3) kebiasaan
Dalam implementasinya di kelas pendidikan karakter bisa dikembangkan melalui point-point berikut::
1.    Cinta Tuhan dan kebenaran
2.    Tanggungjawab, kedisiplinan, dan kemandirian
3.    Amanah
4.    Hormat dan santun
5.    Kasih sayang, kepedulian, dan kerjasama
6.    Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah
7.    Keadilan dan kepemimpinan
8.    Baik dan rendah hati

9.    Toleransi dan cinta damai 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More