Sabtu, 24 Agustus 2013

Tawuran pelajar , Penyebab- Penyebab Tawuran pelajar secara umum


Tawuran pelajar terjadi karena adanya penyebab. Dimana penyebab itupun sangat kompleks dan bisa dibagi menjadi banyak pandang yang berbeda-beda. Secara umum penyebab tawuran pelajar antara lain adalah :

Penyebab pertama adalah Faktor psikologi
Pelajar sudah masuk dalam kategori pelajar , dan di kategori pelajar  inilah psikologi
mereka sangat melonjak tajam, kenakalan pelajar  terlalu sering diperbincangkan, memang seperti
itu. emosi yang sering meledak-ledak, rasa ingin hidup bebas, dan lain-lain.

Penyebab kedua adalah Faktor sosiologis
faktor sosiologis (budaya) di kalangan pelajar, hedonisme sudah menjadi budaya pelajar, gaya ingin menikmati hidup dengan berfoya-foya dan melakukan hal yang melanggar hukum dan agama sekalipun demi terpuaskannya nafsu mereka. selanjutnya adalah pembentukan komunitas, kelompok atau geng untuk memperkuat pencitraan dan proteksi diri

Penyebab ketiga adalah Faktor internal
Faktor internal ini terjadi didalam diri individu itu sendiri yang berlangsung melalui proses internalisasi diri yang keliru dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya dan semua pengaruh yang datang dari luar. Pelajar  yang melakukan perkelahian biasanya tidak mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan yang kompleks. Maksudnya, ia tidak dapat menyesuaikan diri dengan keanekaragaman pandangan, ekonomi, budaya dan berbagai keberagaman lainnya yang semakin lama semakin bermacam-macam. Para pelajar  yang mengalami hal ini akan lebih tergesa-gesa dalam memecahkan segala masalahnya tanpa berpikir terlebih dahulu apakah akibat yang akan ditimbulkan.

Penyebab keempat adalah Faktor Keluarga
Keluarga adalah tempat dimana pendidikan pertama dari orangtua diterapkan. Jika seorang anak terbiasa melihat kekerasan yang dilakukan didalam keluarganya maka setelah ia tumbuh menjadi pelajar  maka ia akan terbiasa melakukan kekerasan karena inilah kebiasaan yang datang dari keluarganya. Selain itu ketidak harmonisan keluarga juga bisa menjadi penyebab kekerasan yang dilakukan oleh pelajar.

Penyebabkelima adalah Faktor Sekolah
Sekolah tidak hanya untuk menjadikan para siswa pandai secara akademik namun juga pandai secara akhlaknya . Sekolah merupakan wadah untuk para siswa mengembangkan diri menjadi lebih baik. Namun sekolah juga bisa menjadi wadah untuk siswa menjadi tidak baik, tergantung sekolahnya, dikarenakan setiap sekolah mempunyai kualitas pengajaran yang berbeda-beda.

Penyebabkeenam Faktor Lingkungan
lingkungan rumah dan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perilaku pelajar . Seorang pelajar  yang tinggal dilingkungan rumah yang tidak baik akan menjadikan pelajar  tersebut ikut menjadi tidak baik. Kekerasan yang sering pelajar  lihat akan membentuk pola kekerasan dipikiran para pelajar . Hal ini membuat pelajar  bereaksi anarkis. Tidak adanya kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang oleh para pelajar disekitar rumahnya juga bisa mengakibatkan tawuran.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More