Minggu, 16 Maret 2014

Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling


Layanan bimbingan dan konseling dilakukanmelalui kontak langsungdengan siswa, dan secara langsung berkenaan dengan permasalahanataupun kebutuhan tertentu yang dirasakan siswa. Kegiatan layanan itudifokuskan kepada salah satu ataubeberapa kompetensi yang hendaknya dicapai/dikuasai siswa. Layanan-layanan tersebut adalah :
1)LayananOrientasi,merupakan layanan yang memungkinkan siswa memahami   lingkungan   baru,   terutama   lingkungan   sekolah   dan obyek-obyek  yang dipelajari,  untuk  mempermudah  danmemperlancar berperannya siswa di lingkungan yang baru itu.
2)Layanan Informasi,merupakan layanan yang memungkinkan siswa menerimadan memahami berbagai informasi (seperti informasibelajar, pergaulan, jabatan, pendidikan lanjutan).
3)LayananPenempatandanPenyaluran, merupakan layanan yangmemungkinkan  siswa   memperoleh penempatan dan penyaluranyangtepat (misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi,program latihan,magang, kegiatan ko/ekstra kurikuler).
4)  LayananPenguasaanKonten,merupakan layanan yangmemungkinkan siswamengembangkansikapdankebiasaan belajar yangbaik dalam menguasai materi belajaryangcocok dengankecepatandan kemampuan dirinya, sertaberbagai aspek tujuan dankegiatan belajar lainnya.
5)  Layanan KonselingPerorangan, merupakan layanan yangmemungkin-kan siswa mendapatkan layanan langsungtatap muka(secara perorangan)maupun bisa juga melaluitatap muka sepertimelaluiinternet (e-counseling) untuk  mengentaskan permasalahan yang dideritanya.
6)   Layanan  Bimbingan  Kelompok,  merupakan  layanan  yangmemungkin-kan sejumlah siswa secara bersama-samamelalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan   (topik)   tertentu   untuk   menunjang   pemahaman   dan pengembangan   kemampuan   sosial,   serta   untuk   pengambilankeputusan atau tindakantertentu melalui dinamika kelompok.
7) LayananKonselingKelompok, merupakan layanan yang memungkinkan siswa (masing-masinganggota kelompok) memperoleh kesempatanuntuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok.
8)  Layanan Konsultasi,merupakan layanan yang memungkinkan seseorangmemperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yangperlu dilaksanakan  dalam  menangani  kondisi dan atau permasalahan oranglain yang menjadi kepeduliannya.
9)   Layanan Mediasi, merupakan layanan yang memungkinkanfihak-fihak yangsedang dalam keadaan salingtidak menemukankecocokan (bertikai) menyelesaikan permasalahandan memperbaiki hubungan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More